Menpar minta film dan pariwisata saling promo

id menteri pariwisata, arief yahya, film, pariwisata, industri ekonomi kreatif

Menpar minta film dan pariwisata saling promo

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Jakarta, (ANTARA Sumsel) - Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta industri film dan pariwisata untuk saling mempromosikan diri karena merupakan kesatuan dalam industri ekonomi kreatif.

"Film dan pariwisata itu sangat dekat dan masuk industri kreatif. Alangkah baiknya dua industri ini saling menunjang," kata Arief dalam acara penanyangan perdana iklan pariwisata di bioskop Cinemaxx Fx Sudirman, Jakarta, Senin.

Mantan pucuk pimpinan Telkom itu menjelaskan kaitan erat industri film dan sektor pariwisata beberapa tahun belakangan. 
"Coba, Anda tahu Belitung dari mana? Dari film Laskar Pelangi kan. Contoh lainnya, waktu promosi film Mangente Ambon, saya izin membuat iklan televisi film itu. Filmnya meledak, destinasi wisatanya jauh lebih terkenal," katanya.

Oleh karena itu, dia mengimbau agar film Indonesia bisa mempromosikan Pesona Indonesia. Begitu pula sebaiknya, Pesona Indonesia dapat mempromosikan film Indonesia.

"Jadi, sebut saja sebagai Pesona Pariwisata Film Indonesia," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, aktris dan sutradara Marcella Zalianty mengaku selalu berusaha untuk mempromosikan pesona wisata Indonesia dalam karya-karyanya.

"Ada film saya yang tampil di Cannes Festival, dan mereka kaget melihat Indonesia yang modern karena mereka menganggap Indonesia sangat purba," katanya.

Menurut istri pebalap Ananda Mikola itu, film merupakan bagian dari industri kreatif yang punya posisi strategis dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.

Ia menyebut film "The Beach" yang dibintangi Leonardo di Caprio telah sukses membuat pariwisata Thailand, lokasi syuting film tersebut, melejit.

"Film ini sektor yang 'powerful' (kuat) untuk promosi wisata," kata Marcella yang mengaku tengah menggarap film berlatar Pantai Santolo, Jawa Barat.