Pemprov Sumsel beri kemudahan warga laksanakan Umroh

id umroh, naik haji

Pemprov Sumsel beri kemudahan warga laksanakan Umroh

Ilustrasi - Ibadah Umroh (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan kemudahan bagi masyarakat di daerah itu yang akan melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci melalui kerja sama dengan pihak penerbangan.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Kesra Pemerintah Provinsi Sumsel, Ahmad Nasuhi di Palembang, Senin mengatakan, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin telah melakukan kerja sama dengan PT Garuda dalam pelaksanaan ibadah umroh termasuk haji.

Dalam kerja sama itu antara lain adanya penerbangan langsung ke Mekkah untuk melakukan Umroh termasuk menunaikan rukun Islam kelima.

Jadi setelah adanya kerja sama itu pihaknya terus menindaklanjuti dengan memberikan fasilitasi kepada masyarakat yang akan berumroh, Kata dia.

Selain itu dengan adanya kemudahan dapat mendorong masyarakat untuk berumroh ke tanah suci, sehinggah jumlahnya terus meningkat.

Apalagi sekarang ini tidak hanya orang tua tetapi anak-anak juga rutin melaksanakan umroh dengan memanfaatkan libur sekolah, katanya.

Menurut dia, banyaknya minat masyarakat akan ibadah bagi ummat Islam itu karena selain beribadah juga dimanfaatkan wisata ke Mekkah.

Selain itu gubernur rutin memberangkatkan masyarakat di daerah ini untuk beribadah umroh secara gratis.

Sebelumnya Kasubag Humas Kanwil Kemenag Sumsel, Saefudin Latief mengatakan, memang umroh sekarang ini cukup diminati masyarakat dalam beribadah ke tanah suci.

Banyaknya minat masyarakat berumroh tersebut kemungkinan karena untuk menunaikan ibadah haji sekarang ini antrinya cukup panjang, ujar dia.

Ini salah satu alasan masyarakat berumroh sambil menunggu antrian untuk pergi menunaikan rukun Islam kelima, tambah dia.