Kebakaran rumah nenek usia 100 tahun selamat

id kebakaran, dua unit rumah terbakar

Kebakaran rumah nenek usia 100 tahun selamat

Dua unit rumah warga OKU terbakar (Foto:antarasumsel.com/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kebakaran dua unit rumah warga di Desa Lubuk Leban Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, seorang penghuni nenek berusia 100 tahun dapat diselamatkan warga, namun sebagian tubuhnya mengalami luka bakar.

Peristiwa yang menghanguskan dua unit rumah warga itu terjadi Sabtu (18/7) siang sekitar pukul 13.30 Wib, dimana api berasal dari rumah Sarkam dihuni oleh seroang nenek Masnah (100) yang ditinggal sendirian, kata Camat Sosoh Buay Rayap, Helni Purnanengsih dihubungi dari Baturaja, Minggu.

Menurut Helni, kronologi kejadiannya sekitar pukul 13.30 Wib api berawal dari rumah Sarkam dihuni oleh seorang nenek bernama Masnah (100) yang ditinggal sendiri.

"Penyebanya kita tidak tau pasti, mungkin dari hubungan arus pendek listrik, karena berdasarkan keterangan saksi mata api itu mulai membesar dari tengah-tengah rumah Sarkam," kata Helni.

Sementara itu, Sekretaris Camat Sosoh Buay Rayap, Fahmi Alian menambahkan, setelah mendapat laporan warga mengenai kejadian tersebut pihaknya segera menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Kecamatan dan Pemadam Kebakaran Pemkab OKU.

"Rumah yang terbakar itu semuanya rumah kayu, berkat kekompakan warga nenek Masnah yang berusia hampir 100 tahun bisa diselamatkan, dan kurang dari dua jam api berhasil dijinakan yang mengerahkan enam unit mobil Pemadam Kebakaran," jelas Fahmi.

Selanjutnya, akibat dari kejadian tersebut, kerugian ditaksir berkisar Rp300 juta, ada dua unit rumah yang rusak bagian atap dan terbakar dindingnya, yaitu rumah Salim dan rumah Ahmad. Bahkan bahan bangunan berupa rangkaian satu unit rumah kayu ikut ludes.

"Sedangkan Masnah dan Hasan Jakfar yang mengalami luka bakar langsung dilarikan ke Rumah Sakit Ibnu Soetowo Baturaja untuk mendapatkan perawatan," katanya.