Otoritas Pelabuhan mulai tambah armada kapal cepat

id boom baru, pelabuhan boom baru

Otoritas Pelabuhan mulai tambah armada kapal cepat

Armada kapal cepat ditabah untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus mudik lebaran (Foto: antarasumsel.com/ Evan Ervani/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Otoritas Pelabuhan beserta pihak pengelola menjelang Idul Fitri ini mulai melakukan penambahan dua armada kapal cepat, atau jet foil dengan kapasitas 340 orang penumpang melalui Pelabuhan Boom Baru Palembang Sumatera Selatan.

Penambahan dua unit armada kapal cepat tersebut untuk mengantisipasi terjadi lonjakan penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran dari pelabuhan Boom Baru menuju Pulau Bangka dan sebaliknya, kata Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Sumsel, Olmat Tawang, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, sekarang ini walaupun lonjakan penumpang belum begitu nampak di pelabuhan tersebut, namun pelayanan arus mudik menggunakan moda transfortasi penyeberangan kapal cepat mulai menunjukkan adanya peningkatan baik dari sisi penjualan tiket maupun perjalanan kapal.

Dikemukakannya, sekarang ini perjalanan kapal mulai ditambah dari Pelabuhan Muntok Bangka menuju Palembang, sedangkan dari Palembang ke Bangka penjualan tiket maupun jumlah keberangkatan kapal masih stabil.

Dikatakannya, khusus tambahan dua unit armada kapal cepat tersebut, karena diperkirakan mulai terjadi lonjakan penumpang sepuluh hari menjelang lebaran, dimana normalnya jadwal keberangkatan hanya satu kali, dan nantinya akan ditambah menjadi tiga kali keberangkatan.

Menurut Yanti, pengelola penjualan tiket Pelabuhan Boom Baru Palembang bahwa kalau untuk lebaran belum bisa diprediksi, karena biasanya lonjakan penumpang itu terjadi dari Pelabuhan Muntok Bangka ke Palembang.

Dijelaskannya, pada tahun 2014 arus mudik di Pelabuhan Boom Baru melonjak sejak sepuluh hari sebelum dan setelah lebaran, dimana tercatat sebanyak 29 ribu orang penumpang menggunakan moda transfortasi penyeberangan kapal cepat.

Sementara untuk lebaran tahun ini diprediksi bakal ada peningkatan jumlah penumpang sekitar 15 persen dari tahun sebelumnya, khususnya kedatangan dari Bangka ke Palembang, katanya.

Menurut Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Sumsel, Olmat Tawang, dengan kesiapan tiga unit armada kapal cepat, serta penambahan dua armada yang segera dioperasikan, diharapkan mampu mengurai penumpukan penumpang.

Ia berharap, arus mudik menggunakan transfortasi air yang menjadi alternatif ini dapat berjalan lancar tanpa ada kendala pada saat arus mudik maupun balik lebaran tahun ini.