Kapal cepat Palembang-Bangka sesuaikan harga tiket

id kapal cepat, tarif kapal cepat, penumpang kapal cepat, menurun

Kapal cepat Palembang-Bangka sesuaikan harga tiket

Kapal cepat (jetfoil) rute Palembang-Bangka beroperasi dengan sistem bergilir berdasarkan tanggal genap dan ganjir. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Sekarang ini pihaknya menyesuaikan tarif pelayanan jasa kapal cepat untuk mengimbangi kenaikan harga BBM dan membengkaknya biaya operasional...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Perusahaan jasa angkutan kapal cepat tujuan Palembang-Bangka menyesuaikan tarif harga tiket kelas bisnis, eksekutif dan VIP serta menghentikan tiket promosi yang diberlakukan sejak sebulan terakhir.

Robin petugas penjualan tiket Kapal Cepat Express Bahari di terminal penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang, Senin mengatakan, sekarang ini pihaknya menyesuaikan tarif pelayanan jasa kapal cepat untuk mengimbangi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak dan membengkaknya biaya operasional.

Untuk perjalanan dari Palembang ke Bangka dan sebaliknya sekarang ini ditetapkan tarif tiket untuk kelas bisnis atau ekonomi dewasa ditetapkan sebesar Rp230.000 per orang, sedangkan anak-anak ditetapkan sebesar Rp190.000, sementara sebelumnya tarif dewasa Rp225.000 dan anak-anak Rp185 per orang.

Kemudian tarif tiket kelas eksekutif dewasa ditawarkan sebesar Rp265.000/orang dan anak-anak Rp205.000/orang, sedangkan sebelumnya untuk dewasa ditawarkan pada posisi harga Rp240.000 dan anak-anak Rp200.000/orang satu kali jalan.

Sedangkan untuk tiket kapal cepat kelas VIP dewasa ditetapkan sebesar Rp310.000 per orang satu kali jalan dan anak-anak ditetapkan sebesar Rp255.000/orang, sementara sebelumnya dewasa ditetapkan Rp300.000 dan anak-anak Rp245.000/orang.

Sebelumnya pihaknya menawarkan tiket promosi untuk perjalanan pergi pulang (PP) Palembang-Bangka dengan potongan harga yang cukup besar.

Sebagai gambaran tiket kapal cepat kelas eksekutif PP dengan penawaran tiket promo cukup membayar Rp400.000 atau diberikan potongan harga sebesar Rp130.000 dari tarif normal, sedangkan tiket PP kelas VIP cukup membayar Rp430.000 atau diberikan potongan harga sebesar Rp170.000 dari tarif normal, katanya.

Dia menjelaskan, dalam kondisi sulit dan kenaikan harga BBM akhir-akhir ini, jumlah penumpang kapal cepat terus mengalami penurunan.

Untuk melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Palembang ke Pulau Bangka, dalam kondisi jumlah penumpang yang mengalami penurunan drastis hingga 50 persen lebih, sekarang ini pihaknya bersama perusahaan jasa angkutan kapal cepat lainnya yakni Sumber Bangka sepakat melakukan pelayanan secara bergilir dengan berdasarkan tanggal genap dan tanggal ganjil.

Sekarang ini setiap hari hanya dioperasikan satu unit kapal cepat yang diberangkatkan dari Pelabuhan Boom Baru ke Muntok Bangka pada pukul 07.00 WIB, dengan ketentuan pada tanggal genap dioperasikan kapal miliik Express Bahari dan tanggal ganjil kapal Sumber Bangka, ujarnya.