Gubernur bantu perbaikan Lapas Palembang

id alex noeredin, gubernur sumsel

Gubernur bantu perbaikan Lapas Palembang

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menjanjikan  bersedia membantu perbaikan dan kelengkapan fasilitas di Lembaga Pemasyarakatan kelas I Palembang, supaya penghuninya tidak lagi mengeluhkan kekurangan sarana dibutuhkan.

"Pemerintah provinsi akan membantu perbaikan fasilitas yang kurang di lembaga pemasyarakatan itu secara bertahap," kata gubernur saat menerima Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I, Farid Junaidi di Palembang, Senin.

Menurut gubernur, pihak Lapas supaya segera mengusulkan secara tertulis fasilitas yang kurang, sehingga perbaikan segera dilaksankan.

Begitu juga masalah air bersih pihaknya akan membantu hingga sampai ke ruangan penghuni lembaga pemasyarakatan tersebut.

Oleh karena itu sampaikan melalui surat secara resmi agar bantuan dapat direalisasikan secepat mungkin, kata dia.

Sebelumnya pihaknya telah membantu laboratorium dan komputer yang sekarang sudah beroperasi untuk kepentingan penghuni lembaga pemasyarakatan.

Yang jelas, dalam waktu dekat dirinya akan melaksanakan kunjungan kembali untuk melihat kondisi lembaga pemasyarakat tersebut.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Palembang Farid Junaidi mengatakan, memang air bersih sudah tersedia, namun belum dapat disalurkan ke kamar penghuni karena belum dilengkapi fasilitas pendukung.

Begitu juga mengenai listrik sudah tersedia namun saat ini masih dilakukan penghematan, mengingat kafasitas ginset masih belum mencukupi keseluruhan Lapas.

Dalam kesempatan itu dia juga melaporkan bahwa penghuni Lapas sekarang ini sebanyak 1.159 orang, dan sebagian besar kasus Narkoba berjumlah 659 orang.

Selain itu dari jumlah keseluruhan tersebut juga terdapat tujuh narapidana terlibat kasus teroris.