Warga Palembang antusias daftar jadi peserta BPJS Kesehatan

id bpjs kesehatan, mendaftar jadi peserta bpjs kesehatan, jkn, jaminan kesehatan nasional

Warga Palembang antusias daftar jadi peserta BPJS Kesehatan

Warga Kota Palembang dan sekitarnya antusias mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Dalam dua bulan terakhir jumlah masyarakat yang akan mendaftar mengikuti program JKN terus meningkat. Setiap hari bisa mencapai 1.000 orang lebih mendaftar ke BPJS Kesehatan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Warga Kota Palembang dan kabupaten/kota Sumatera Selatan lainnya antusias mendaftar menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk mengikuti program Jaminan Kesehatan Nasional yang diluncurkan pemerintah awal 2014.

Pantauan di Kantor BPJS Kesehatan Divisi Regional III Palembang, Jumat, tampak ratusan masyarakat dari sejumlah kabupaten dan kota Sumsel antrean mendaftar untuk mengikuti program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) itu.

Tingginya animo masyarakat yang ingin mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, petugas badan baru tersebut berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan melakukan pengaturan antrean dalam dua sesi pelayanan.

Selain itu, tampak pula petugas BPJS Kesehatan memasang tenda di halaman kantor untuk dijadikan sebagai tempat ruang tunggu cadangan karena ruang pelayanan yang tersedia tidak mampu menampung lonjakan pendaftar serta siap memberikan informasi dan melayani permintaan formulir.

Salah seorang petugas BPJS Kesehatan Divisi Regional III Palembang Erwin mengatakan, dalam dua bulan terakhir jumlah masyarakat yang akan mendaftar mengikuti program JKN terus meningkat.

Setiap hari bisa mencapai 1.000 orang lebih yang datang mengambil formulir baik dari Kota Palembang maupun dari beberapa kabupaten dan kota Sumsel lainnya.

Masyarakat yang telah membawa persyaratan yang ditentukan seperti salinan kartu keluarga, kartu tanda penduduk, akte kelahiran, dan surat nikah dapat langsung menyerahkannya kepada petugas loket pelayanan.

Untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan masyarakat diberikan tiga pilihan kelas pelayanan rawat inap atau disesuaikan dengan kemampuan masyarakat membayar iuran wajib yakni kelas satu ditetapkan iurannya Rp59.000 per bulan, kelas dua Rp42.000 per bulan, dan kelas tiga dikenakan iuran Rp25.000 per bulan.

Bagi masyarakat yang berkas pendaftarannya dinyatakan lengkap dan bisa diproses dalam sistem, diberikan slip setoran pembayaran iuran pertama ke Bank BNI atau Mandiri yang besarnya sesuai dengan kelas perawatan yang dipilih, kata Erwin.

Sementara salah seorang warga Kabupaten Banyuasin Salwa mengatakan, dia bersama keluarganya berupaya mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan guna memanfaatkan program JKN.

Selama ini sangat berminat memanfaatkan jaminan pelayanan kesehatan dari PT Askes, namun karena dia hanya ibu rumah tangga dan suaminya wiraswasta tidak bisa menjadi peserta perusahaan asuransi kesehatan milik negara itu.

Dengan adanya program JKN dan PT Askes dilebur menjadi BPJS Kesehatan, kesempatan untuk mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan terbuka lebar karena untuk mendaftar sebagai peserta bisa secara perorang, ujarnya.