PASI Sumsel akan gelar kejurda di Palembang

id atletik, kejurda atletik di palembang

PASI Sumsel akan gelar kejurda di Palembang

Atlet lari (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia Sumatera Selatan siap menggelar Kejuaraan Daerah di Palembang, 15-17 Mei 2014, untuk dijadikan ajang pemilihan atlet yang akan dikirim ke Kejuaraan Junior dan Remaja di Jakarta.

"Kejuaraan Daerah (Kejurda) ini merupakan ajang tahunan yang biasanya digelar menjelang pelaksanaan Kejuaraan Junior dan Remaja. Ajang ini sangat bermanfaat karena dapat menemukan bibit-bibit atlet baru yang diproyeksi menggantikan senior," kata Ketua Umum Pengurus Provinsi PASI Sumsel Thia Yufada dihubungi dari Palembang, Jumat.

Ia mengemukakan, pada Kejurda tahun lalu, terdapat seorang atlet yang memecahkan rekor junior tingkat nasional yakni atas nama Syailendra dari Palembang pada nomor lompat jauh, dengan mencetak jauh lompatan 190 cm. Sementara, batas limit tingkat junior dipatok 180 cm.

"Kejurda dan beberapa agenda kejuaraan rutin lainnya seperti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional selalu dimanfaatkan PASI untuk menemukan atlet-atlet berbakat," ujarnya.

Ia menerangkan, Kejurda pada tahun ini direncanakan di Stadion Atletik Jakabaring dan akan diikuti sekitar 500 orang atlet perwakilan 11 kabupaten/kota di Sumsel.

Ke-11 kabupaten/kota itu, Palembang, Banyuasin, OKU Timur, Musi Bayuasin, Prabumulih, Lahat, Muara Enim, OKI, OI, Pagaralam, OKU.

"Sementara ini, kepengurusan PASI Sumsel baru terbentuk di 11 kabupaten/kota, dan untuk enam kabupaten lainnya yang belum memiliki kepengurusan akan didorong, termasuk kabupaten baru yakni Musi Rawas Utara dan Penukal Abab Lematan Ilir (Pali)," ujarnya.

Ia menambahkan, Kejurda itu akan mempertandingkan semua nomor lari yakni dari jarak 100 meter hingga 5.000 meter untuk kelompok putra dan putri dengan memperebutkan 101 medali emas.

Selain itu, juga dipertandingkan lompat tinggi, lempar lembing, tolak peluru, lompat jauh, lempar cakram, dan lompat jangkit.

"Tingkat persaingan akan semakin ketat untuk beberapa daerah seperti Palembang, Banyuasin dan OKU Timur. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan akan muncul daerah baru seperti Lubuklinggau yang akan menjadi tuan rumah Porprov tahun 2014," ujarnya.

Pada Kejurda Atletik tahun 2013, Kota Palembang menjadi juara umum dengan meraih 10 emas, 6 perak, dan 4 perunggu.

Kemudian, pada urutan kedua ditempati Kabupaten Banyuasin dengan 8 emas, 3 perak, dan 2 perunggu, disusul Kabupaten OKU Timur dengan perolehan medali 6 emas, 5 perak, dan 8 perunggu.

Sementara itu, cabang olahraga atletik sendiri merupakan salah satu andalan Sumsel karena mampu menyumbang medali emas dalam empat kali perhelatan PON. Pada PON Riau, Sumsel meraih 1 emas, 3 perak, dan 2 perunggu.