Forki OKI gelar Kejurda jaring atlet muda berbakat

id karate,karate sumsel,sumsel,forki,kejurda ,kejurda forki,bela diri

Forki OKI gelar Kejurda jaring atlet muda berbakat

Karateka bertanding pada Kejurda Forki di Kayuagung, Kabupaten OKI, Sumsel, Sabtu (25/6). (ANTARA/HO-Pemkab OKI)

Palembang (ANTARA) - Federasi Karateka Indonesia (Forki) Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan menggelar Kejuaraan Daerah memperebutkan piala Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna setempat di Kayuagung, Sumsel, Sabtu, untuk menjaring atlet muda berbakat.

Ketua Pengcab Forki Kabupaten Ogan Komering Ilir Asmar Wijaya mengatakan kejuaraan yang digelar di Gedung Kesenian Kayuagung ini juga menjadi ajang evaluasi hasil pembinaan atlet.

“Kami ingin menjaring atlet muda berbakat yang dapat berprestasi di ajang tingkat daerah hingga nasional,” kata Asmar.

Pemberdayaan atlet lokal ini juga dimaksudkan untuk menghentikan kebiasaan buruk berupa merekrut atlet dari luar daerah pada saat menjelang Porprov dan PON.

"Kami ingin memutus mata rantai mutasi atlet dengan melakukan pembinaan dan menggelar kompetisi lokal yang berkesinambungan,” kata dia.

Kejurda II FORKI Ogan Komering Ilir ini diikuti oleh ratusan karateka yang berasal dari enam perguruan karate (dojo) antara lain Aski, Gojukai Ikaga, Gokasi, Lemkari, Shokaido, Wadokai.

Sedangkan cabang pertandingan yang dilombakan antara lain  komite dan kata untuk kelas usia dini dan kelas pemula dan kategori turnamen terbuka untuk kelas junior dan senior.

Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna M. Alki Ardhiansyah selaku penyelenggara perlombaan mengatakan Kejurda ini menjadi peluang bagi atlet lokal untuk mengukir prestasi.

"Kini anak muda OKI punya kesempatan yang sama untuk mengukir prestasi. Mari menjadi juara sejati yang menjunjung tinggi sportivitas,” kata Alki.

Wakil Ketua Forki Sumatera Selatan Raimar Yousnaidi mengapresiasi penyelenggaraan Kejurda ini karena menjadi yang pertama sejak adanya pandemi COVID-19.

“OKI cukup baik perkembangan olahraga karatenya, karena menjadi penyumbang medali saat Porprov Sumsel beberapa waktu lalu,” kata dia.