Dinas PU Cipta Karya Muba benahi saluran air

id pemkab muba, pu cipta karya mubam pu, pu ck, muba

Dinas PU Cipta Karya Muba benahi saluran air

Saluran air di Kota Sekayu ditutupi rumput sehingga tidak berfungsi dengan baik. (Foto Antarasumsel.com/13/Edy Parmasyah)

...Saluran air di daerah banyak mengalami kerusakan disebabkan kurangnya perawatan, serta peran serta masyarakat menjaga fungsi saluran air...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel ) - Saluran air di sejumlah ruas jalan dan kawasan permukiman penduduk Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, banyak yang rusak sehingga tidak berfungsi dengan baik serta mulai menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan dan lingkungan.

Berdasarkan hasil pendataan petugas di lapangan, khusus di ibu kota kabupaten ini sekitar 10 persen saluran airnya mengalami kerusakan, kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Kabupaten Musi Banyuasin Zainal Arifin di Sekayu, Senin.

Dia menjelaskan, saluran air di daerah banyak mengalami kerusakan disebabkan kurangnya perawatan, serta peran serta masyarakat menjaga fungsi saluran air yang ada di sekitar tempat tinggal dan aktivitas.

Selain itu juga akibat rendahnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya saluran air bagi kesehatan, sehingga mereka tidak terlalu peduli apakah saluran air berfungsi dengan baik atau tidak seperti dipenuhi sampah dan ditumbuhi rumput lar, katanya.

Menurut dia, saluran air atau parit memiliki peranan penting bagi kesehatan masyarakat, jika air tersumbat maka dapat menyebabkan banyak permasalahan seperti timbulnya penyakit demam berdarah hingga diare.

Untuk mencegah terjadinya permasalahan akibat saluran air tidak berfungsi dengan baik, pihaknya sekarang ini secara bertahap berupaya melakukan perbaikan terutama pada kawasan yang dinilai sangat parah.

Dalam anggaran 2014 ini, pihaknya berencana melakukan perbaikan beberapa saluran air serta normalisasi saluran, kata Zainal.

Sementara anggota DPRD Muba Desi Ulpa Angraini mengatakan ibu kota menjadi jendela bagi daerah yang ada di sekitarnya, sehingga pihaknya mendukung rencana perbaikan saluran air di daerah ini.

Selain itu, diharapkan pula masyarakat berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan sekitar, karena tanpa adanya partisipasi dari masyarakat tidak akan terwujud Sekayu sebagai Kota Adipuran yang bersih dan nyaman.

"Saluran air perlu dijaga agar terus berfungsi dengan baik sehingga tidak menimbulkan permasalahan di masyarakat seperti timbulnya berbagai penyakit dan genangan air ketika turun hujan lebat yang cukup lama," ujarnya.