BPS dan Diskominfo Muara Enim gelar pembinaan statistik sektoral

id sumsel, muara enim, statistik sektoral

BPS dan Diskominfo Muara Enim gelar pembinaan statistik sektoral

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muara Enim bersama Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) menggelar Pembinaan Statistik Sektoral 2024, Rabu (06/03) di Hotel Griya Serasan Muara Enim. (ANTARA/HO/Diskoinfo)

Muara Enim, Sumsel (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muara Enim bersama Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) menggelar Pembinaan Statistik Sektoral 2024, Rabu (06/03) di Hotel Griya Serasan Muara Enim.

Kegiatan itu salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Statistik Sektoral bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Muara Enim sekaligus mempersiapkan penilaian Indeks Pembangunan Statistik (IPS).

Kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral ini, dilandasi oleh Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yang mana, data ini nantinya akan dijadikan acuan pondasi dasar pengambilan arah kebijakan pembangunan di Bumi Serasan Sekundang.

Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Kepala BPS Muara Enim, Edi Subeno.

"Data apabila hanya untuk kepentingan pribadi (satu OPD) maka sia-sialah data tersebut, melalui Pembinaan Statistik Sektoral inilah kita bersama-sama menghendaki terwujudnya satu data Muara Enim, yang mana data ini nantinya dapat terintegrasi satu dengan yang lainnya. Sehingga dapat dikutip dan dijadikan pondasi dalam pengambilan suatu kebijakan,"tutur Edi Subeno.

Tak hanya itu, dijelaskan oleh Edi kegiatan ini juga sebagai persiapan Kabupaten Muara Enim dalam menghadapi penilaian Indeks Pembangunan Statistik (IPS) dimana pada tahun 2023 IPS Kabupaten Muara Enim mendapatkan nilai 2,11 atau kategori "Cukup Baik" dan ditargetkan pada tahun 2024 ini IPS Kabupaten Muara Enim dapat naik ke 2,61 atau kategori "Baik".


Menyambut baik kegiatan ini, Bupati Muara Enim diwakili Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Irawan Supmidi dengan tegas mengatakan atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten Muara Enim menyambut baik Pembinaan Statistik Sektoral 2024 guna mewujudkan Satu Data di Kabupaten Muara Enim.

Dirinya mengintruksikan kepada setiap perwakilan OPD yang hadir selaku peserta dalam Pembinaan Statistik Sektoral 2024 pagi tadi, untuk dapat mengikuti jalannya kegiatan ini dengan seksama dan tak lupa untuk bersinergi dan mempererat komitmen bersama dalam mewujudkan Satu Data di Kabupaten Muara Enim.