Pj Gubernur Sumsel jajal canting Batik Pesisir Pekalongan

id sumsel, pj gubernur, sumsel

Pj Gubernur Sumsel jajal canting Batik Pesisir Pekalongan

Pj Gubernur Sumsel H Agus Fatoni sedang meniup canting batik saat berkunjung ke Padepokan Pesisir, sentra batik di Kabupaten Pekalongan Provinsi Jawa Tengah, Minggu (3/3/2024) (ANTARA/HO/SchstInst)

Pekalongan, Jateng (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni dan Pj Bupati Lahat Muhammad Farid membatik bersama pengrajin batik ditegah-tengah kunjungan kerjanya di Padepokan Batik Pesisir Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu (3/3/2024).

Dalam kunjungan tersebut Pj Gubernur yang mengenakan batik berwarna merah hati berkesempatan mengunjungi Padepokan Pesisir.

Orang nomor satu di Sumsel itu cukup antusias mendengarkan penjelasan dari pengelola padepokan itu terkait proses pembuatan batik di sana.

Secara khusus, ia juga berkesempatan menggoreskan canting batik di atas kain putih. Sambil duduk dan ditemani pj Bupati Lahat, tangan kirinya memegang kain dan tagan kanan memegang canting dengan mencelupkan ke dalam malam.

Seperti pembatik lain, ia meniup canting seperti para pembatik lainnya di sana, kemudian menggoreskan di atas kain yang sudah dialur batik untuk proses canting.

Pada kesempatan itu Pj Gubernur dan Pj Bupati Lahat juga menyaksikan ibu-ibu pembantik disana beraksi membatik.

Di ruang pajang batik, Pj Gubernur juga mendapat penjelasan terkait batik di sana.

Kota Pekalongan merupakan salah satu kota batik di tanah air yang mana Batik Pekalongan merupakan salah satu ikon batik di tanah air disamping motif lainnya di Indonesia.