Program RTLH di Muba bikin warga tak dihantui rumah roboh

id sumsel, bedah rumah,sekayu muba

Program RTLH di Muba bikin warga tak dihantui rumah roboh

Pj Bupati Musi Banyuasin H Apriyadi Mahmud menyebutkan pemerintah daerah itu bakal menggarap sebanyak 549 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi rumah layak huni pada 2024 sehingga penghuninya tak dihantui rumahnya roboh. (ANTARA/HO/DiskominfoI

Sekayu, Muba (ANTARA) - Pj Bupati Musi Banyuasin H Apriyadi Mahmud menyebutkan pemerintah daerah itu bakal menggarap sebanyak 549 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi rumah layak huni pada 2024 sehingga penghuninya tak dihantui rumahnya roboh.

Dalam mengentaskan kemiskinan, Pemkab Muba tak hanya mengandalkan beberapa program saja namun di setiap OPD terlibat aktif memasifkan program pengentasan kemiskinan.

Hasilnya kemiskinan ekstrem di Muba pada tahun 2023 turun drastis menyentuh angka 0,9 persen dari sebelumnya di tahun 2022 4,7 persen.

Apriadi menyebutkan sepanjang tahun 2024 ini akan ada 549 rumah yang akan mendapatkan bantuan program RTLH. runciannya 459 unit dari Dinas Perkim, 80 unit dari Dinas Sosial dan 10 unit dari Badan Zakat Nasional (Baznas) Muba.

Pada 2023 lalu Pemkab Muba tidak hanya mengandalkan program "bantu umak" dalam upaya pengentasan kemiskinan, tetapi juga menjalankan program RTLH yang menyasar ke 834 rumah warga.

"Diantaranya 670 unit bedah RTLH dari Dinas Perkim, 99 unit dari Dinsos Muba, dan 65 Baznas Muba. Jadi sistemnya keroyokan, semua pihak terkait terlibat. Alhamdulillah berdampak ke masyarakat," tuturnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Muba Muhammad Ridho mengatakan pihaknya di tahun anggaran 2024 ini mengucurkan anggaran sebesar  Rp22,95 miliar untuk melakukan bedah rumah ke sebanyak 459 unit rumah.

"Nama programnya Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), program ini diyakini dapat dengan masif mengurangi kemiskinan," ucapnya.

"Program bedah rumah ini akan terus berkelanjutan sesuai kebutuhan masyarakat," tambah Ridho.

Kadinsos Muba Ardiansyah merinci, adapun 80 unit bantuan bedah dari Dinsos Muba menyasar di tiap Kecamatan di Kabupaten Muba.

"Dinsos Muba telah menyiapkan anggaran Rp3.2 Miliar untuk bedah 80 unit RTLH yang menyasar 15 Kecamatan di Muba, diantaranya 5 unit di Sanga Desa, Babat Toman 3 unit, Batanghari Leko 10 unit, Plakat Tinggi 7 unit, Lawang Wetan 5 unit, Sungai Keruh 3 unit, Sekayu 28 unit, Lais 7 unit, Keluang 8 unit," imbuhnya.

"Lalu, dari Baznas Muba 10 unit mengucurkan anggaran sebesar Rp291.370.000 juta, semoga program RTLH ini dapat berdampak lebih baik bagi masyarakat yang membutuhkan serta menurunkan angka kemiskinan di Muba," pungkasnya.