Pj Gubernur sebut akan maksimalkan bedah rumah bantu renovasi rumah warga terdampak banjir

id sumsel, banjir oku,bedah rumah, pj gubernur

Pj Gubernur sebut akan maksimalkan bedah rumah bantu renovasi rumah warga terdampak banjir

Pj Gubernur Sumsel H Agus Fatoni melakukan peninjauan ke desa-desa terdampak banjir di Ogan Komering Ulu (OKU) Sumsel. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Pewarta Sumsel (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan H Agus Fatoni menyebutkan pihaknya akan memaksimalkan program bedah rumah untuk membantu merenovasi rumah warga yang rusak akibat terendam banjir.

Hal itu disampaikan Pj Gubernur Sumsel saat menyerahkan bantuan dan meninjau lokasi terdampak banjir di Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sabtu.

"Terkait rumah warga yang rusak, kita akan memaksimalkan program bedah rumah serentak se-Sumsel yang telah diinisiasi. Rumah warga rusak akibat banjir akan diupayakan dibedah dengan bantuan CSR," kata Agus Fatoni.

Dukungan CSR ini akan dimaksimalkan terutama yang terdampak bencana. Ia menyebutkan  ada bedah rumah serentak se-Sumsel untuk 8.391 unit rumah.

"Nanti dengan adanya bantuan CSR bisa kita bedah hingga 15.000-an rumah tidak layak huni," jelasnya.


Usai menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Posko Induk Bencana Banjir OKU (Rumah Dinas Bupati OKU), Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni melanjutkan kunjungan kerjanya dengan mengunjungi secara langsung desa - desa yang terdampak.

Menggunakan sepatu boot dan perahu karet, Pj Gubernur Sumsel menyapa masyarakat yang terdampak banjir serta memberikan semangat dan paket sembako, paket makanan anak serta bantuan beras dan kebutuhan sandang pangan lainnya untuk meringankan beban mereka dalam menghadapi bencana.

Ada dua lokasi Desa yang ditinjau oleh Pj Gubernur Sumsel, A Fatoni dalam kesempatan tersebut (Sabtu, 25 Mei 2024) yaitu Desa Karang Agung, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten OKU dan Dusun Gotong Royong, Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU.

Selain melihat kondisi masyarakat yang terdampak banjir, dimana terlihat masih banyak masyarakat yang membersihkan rumah mereka,  Fatoni didampingi Pj. Bupati OKU, Teddy Meilwansyah dan tim BPBD, Tim Kesehatan dan Tim Dinas Sosial menyempatkan diri melihat posko kesehatan unit pelaksana teknis (UPT) Badan Trauma Center dan Pelayanan Kesehatan (UPTB TC & PK) BPBD Provinsi Sumsel yang ramai dipenuhi anak-anak korban bencana banjir.