Pj Bupati Banyuasin fokus sinergi dengan Satu Data Indonesia

id sumsel, banyuasin, satu data indonesia

Pj Bupati Banyuasin fokus sinergi dengan Satu Data Indonesia

Bupati Banyuasin, H Hani Syopiar Rustam menekankan seluruh OPD di daerah itu untuk fokus mensinergisitaskan data dan terintergrasi dengan Satu Data Indonesia . (ANTARA/HO/Diskoiminfo)

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Bupati Banyuasin, H Hani Syopiar Rustam  menekankan seluruh OPD di daerah itu untuk fokus mensinergisitaskan data dan terintergrasi dengan Satu Data Indonesia .

Hal ini disampaikan pada Penutupan Bimbingan Teknis Persiapan Implementasi Pelaksanaan Program Satu Data Indonesia di Kabupaten Banyuasin, Selasa (6/02/2024).

Hani S Rustam menyebutkan Satu Data yang ada di perangkat daerah dapat diguna pakaikan agar kesamaan data dapat dipergunakan dengan benar serta tidak ada perbedaan data terjadi.

“Kita harus secepatnya membentuk Forum Satu Data Kabupaten Banyuasin, ” tegasnya.

Pj Bupati minta kepada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banyuasin dan Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin untuk segera dibentuk Forum Satu Data ini. Ke depannya  akan diadakan rapat pemuktahiran data per 3 bulan.

Ia juga menegaskan agar semua Kepala Perangkat Daerah untuk segera bersama memperkuat Satu Data Indonesia Kabupaten Banyuasin. Dengan memiliki Satu Data yang tepat dan akurat maka akan memudahkan Kabupaten Banyuasin melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.

Peran Satu Data Indonesia dalam mewujudkan pemerintahan yang terbuka sangat besar, pemanfaatan data pemerintah tidak hanya terbatas pada penggunaan secara internal antar instansi pemerintah, tetapi juga sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banyuasin H Salni Pajar mengapresiasi antusiasme peserta bimbingan teknis itu.

“Semua admin Satu Data Indonesia Kabupaten Banyuasin diharapkan dapat bekerja sama menerapkan Satu Data di Kabupaten Banyuasin," katanya.

Materi disampaikan oleh narasumber dari Sekretariat Satu Data Indonesia Bappenas, Dhamai Brilianggara Putranto, Imam Arif Rahman dan Kepala BPS Kabupaten Banyuasin, Basuki Rahmat.

Dalam kesempatan ini, Pj. Bupati Banyuasin didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin,  Erwin Ibrabim, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Banyuasin, dan camat se-Kabupaten Banyuasin.