Hujan diprakirakan terjadi di sejumlah wilayah hingga awal Februari 2024

id potensi hujan,cuaca indonesia,mitigasi dampak cuaca,berita palembang, berita sumsel

Hujan diprakirakan terjadi di sejumlah wilayah hingga awal Februari 2024

Hujan deras menyebabkan banjir di lingkungan permukiman warga di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Minggu (28/1/2024). (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/nym)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih terjadi di sejumlah wilayah provinsi di Indonesia hingga awal Februari 2024.

"Mencermati hasil analisis dinamika atmosfer terkini, potensi hujan dengan variasi intensitas yang beragam di wilayah Indonesia diprediksi masih dapat terjadi hingga memasuki periode awal bulan Februari 2024," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan, kondisi tersebut antara lain dipicu oleh aktivitas Monsun Asia serta potensi seruakan dingin yang mempengaruhi peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

Di samping itu, menurut dia, masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah serta terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di selatan ekuator akibat penguatan angin Monsun Asia juga turut memicu pembentukan awan hujan.