Hasil penilaian Ombudsman pelayanan publik OKU Timur berkualitas tertinggi

id Pelayanan publik, predikat hijau, Ombudsman RI, Pemkab OKU Timur

Hasil penilaian Ombudsman pelayanan publik OKU Timur berkualitas tertinggi

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah (kanan) menerima penghargaan Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik tahun 2023, Sabtu. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Martapura (ANTARA) - Wakil Ketua Ombudsman Republik Indonesia  Boby Hamzar Rafinus menyebutkan bahwa pelayanan publik di Pemerintahan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, memiliki kualitas tertinggi dengan zona hijau.

"Hal ini merupakan komitmen bersama dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat di Indonesia, khususnya di OKU Timur," kata Wakil Ketua Ombudsman RI, Boby Hamzar Rafinus di Palembang, Sabtu.

Dia mengatakan, atas prestasinya itu Pemkab OKU Timur mendapat penghargaan dari Ombudsman Republik Indonesia atas Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik tahun 2023 dengan nilai 94,39 predikat zona hijau kualitas tertinggi.



Dia menjelaskan, penilaian terhadap kepatuhan pelayanan publik oleh Ombudsman RI menjadi prioritas nasional dalam RPJMN 2020-2024.

Menurutnya, hal ini merupakan instrumen strategis untuk menilai kinerja pelayanan publik yang ada di jajaran Pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan.

Tujuan penilaian adalah untuk memperbaiki dan menyempurnakan pelaksanaan pelayanan publik guna mencegah praktik maladministrasi.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada pemkab/pemkot di Provinsi Sumsel atas komitmen bersama untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Ia berharap Ombudsman Sumsel terus bekerja sama dan bergandengan tangan untuk saling bahu membahu dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di wilayah Sumsel.

"Tujuan akhir dalam pelayanan publik ini adalah terbentuknya negara hukum yang demokratis, adil dan sejahtera," ujarnya.



Sementara itu, Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah mengucapkan terimakasih atas penghargaan tersebut yang menjadi hadiah terindah bagi kabupaten yang saat ini menginjak usia 20 tahun tersebut.

"Alhamdulillah Pemkab OKU mendapatkan rapor hijau atau menjadi terbaik ke-2 se-Sumsel atas predikat penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023," ujar Bupati.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ombudsman RI sebut pelayanan publik OKU Timur berkualitas tertinggi