Pengamat: Anies dan Ganjar kompak serang Prabowo Subianto di debat ketiga

id pilpres 2024,pemilu 2024,debat ketiga capres,prabowo subianto,ganjar pranowo,anies baswedan

Pengamat: Anies dan Ganjar kompak serang Prabowo Subianto di debat ketiga

Cawapres Gibran Rakabuming Raka (tengah) menuntun capres Prabowo Subianto (kiri) untuk meninggalkan podium dengan disaksikan capres Ganjar Pranowo saat Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Choirul Umam mengatakan capres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo terlalu sering menyerang Prabowo Subianto selama Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 Minggu malam (7/1).

"Debat ketiga ini semakin mempertegas pola relasi antarcapres. Prabowo yang telah memiliki elektabilitas yang relatif lebih terkonsolidasi, tampil bertahan; sedangkan Anies dan Ganjar terlihat kompak bersama-sama menyerang Prabowo untuk mengejar ketertinggalan basis dukungan elektabilitas mereka," kata Ahmad di Jakarta, Senin.

Menyoroti penampilan ketiga capres dalam debat di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam, Ahmad menilai selama debat Anies langsung menyerang lebih awal atau preemptive attack, terutama pada pribadi Prabowo selaku menteri pertahanan.

Anies, menurut Ahmad, seolah-olah menjalankan strategi Tsun Tzu yang menekankan bila pertahanan terbaik adalah menang.

Ahmad juga menilai mantan gubernur DKI Jakarta itu masih terbawa suasana pada Debat Pertama Capres Pemilu 2024, di mana serangannya dinilai mendapatkan poin politik lebih tinggi..

Anies bahkan tak segan menyebut presiden sebagai "panglima diplomasi" berulang kali. Dia nampak ingin menyentil Presiden Joko Widodo yang tidak tampil secara impresif dalam diplomasi global.