Polres OKU sterilisasi gereja jelang perayaan Natal 2023

id Natal 2023, pengamanan gereja, malam Misa, Polres OKU

Polres OKU sterilisasi gereja jelang perayaan Natal 2023

Personel Polres OKU melakukan pengecekan kemananan gereja menyambut malam Natal 2023, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menerjunkan tim khusus untuk melakukan sterilisasi gereja demi keamanan dan kenyamanan umat Nasrani saat merayakan Natal 2023.

"Sterilisasi dilakukan di seluruh gereja yang ada di Kabupaten OKU, terutama di wilayah Kecamatan Baturaja Timur dan Baturaja Barat seperti Gereja Air Gading, HKBP Bakung dan Santo Petrus Paulus Baturaja," kata Kapolres OKU AKBP Arif Harsono di Baturaja, Minggu.

Dia menjelaskan, gereja-gereja tersebut dilakukan sterilisasi sebelum digunakan oleh jemaat untuk peribadatan sehingga tidak membuka peluang gangguan pada saat kegiatan ibadah pada malam Natal nanti.

Tim gabungan yang tergabung dalam Operasi Lilin Musi 2023 itu disiagakan di setiap sudut gereja, terutama di gerbang masuk untuk menjaga keamanan agar pelaksanaan Misa berlangsung aman dan kondusif.

Termasuk juga pemeriksaan tempat jemaat yang akan melaksanakan ibadah hingga lahan parkir agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di sekitar gereja.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh jemaat agar mengatur waktu datang ke gereja supaya tidak berdesakan sehingga lebih khusuk dalam beribadah," katanya.

Pada malam Misa, kata dia, pihaknya menyiagakan sebanyak 292 personel Polres OKU dan Polsek jajaran yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU.

Penjagaan tersebut dilakukan guna menjaga suasana kondusif pada saat umat Nasrani menjalani ibadah Misa Natal dari tindak kejahatan seperti aksi terorisme dan kejahatan lainnya.

"Di Kabupaten OKU terdapat 35 gereja. Namun yang digunakan untuk perayaan Natal berjumlah 32 gereja yang dilakukan pengamanan," ujarnya.