Prabowo janjikan perbaiki kualitas hidup dan gaji hakim

id pemilu 2024,pilpres 2024,prabowo,kampanye prabowo,prabowo gibran,debat capres 2024,debat pilpres,debat capres

Prabowo janjikan perbaiki kualitas hidup dan gaji hakim

Capres nomor urut dua Prabowo Subianto menyampaikan visi misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU (Galih Pradipta/Galih Pradipta)

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengatakan pihaknya akan memperbaiki kualitas hidup semua hakim di Indonesia apabila terpilih menjadi presiden pada Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Prabowo saat debat capres di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Dia menanggapi pertanyaan panelis mengenai komitmen capres untuk menjaga independensi kekuasaan kehakiman.

"Semua pekerja di sekitar pengadilan dan semua penegak hukum akan saya perbaiki kualitas hidupnya. Gajinya diperbaiki supaya mereka tidak dapat diintervensi, tidak dapat disogok, dan tidak dapat dikorup," kata Prabowo dalam debat perdana yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa.

Melalui peningkatan kualitas hidup, Prabowo memandang bahwa kebijakan tersebut bisa membawa pengaruh positif terhadap independensi lembaga kehakiman. Dengan begitu, menurutnya, hakim tidak dapat diintervensi oleh pihak manapun.

Prabowo juga menegaskan, dirinya sangat setuju bahwa lembaga kehakiman atau lembaga yudikatif harus independen dan tidak boleh diintervensi oleh kekuasaan lainnya.