Presiden minta pemimpin daerah tingkatkan investasi di luar Pulau Jawa

id Jokowi,Investasi luar daerah,Investasi daerah

Presiden minta pemimpin daerah tingkatkan investasi di luar Pulau Jawa

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2023 di Jakarta, Kamis (7/12/2023). ANTARA/Maria Cicilia Galuh.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para pemimpin daerah untuk terus mendorong investasi di luar Pulau Jawa, sebab penyebarannya saat ini baru mencapai 52 persen untuk wilayah luar Jawa.

"Satu Pulau Jawa saja investasinya 48 persen, masa yang 16.999 pulau hanya kebagian 52 persen, mestinya bisa lebih gede lagi," ujar Jokowi dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2023 di Jakarta, Kamis.

Jokowi meminta para gubernur, bupati, wali kota hingga kepala pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) untuk meningkatkan investasi di luar Pulau Jawa. Pemerintah pun akan menyiapkan infrastrukturnya, karena wilayah luar Jawa sangat memerlukannya.

Lebih lanjut, investasi merupakan bagian yang sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Tidak hanya soal penciptaan lapangan pekerjaan, investasi disebut Jokowi juga mampu memberikan penerimaan negara yang besar melalui Pajak Penghasilan (PPh) Badan, PPh Karyawan, Bea Ekspor serta Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)