Pj Gubernur Sumsel buka Sumatera Bisnis, Investasi & UMKM Festival 2024

id Sumsel, umkm,gubernur sumsel

Pj Gubernur Sumsel buka Sumatera Bisnis, Investasi & UMKM Festival 2024

Penjabat Gubernur Sumatera Selatan H Agus Fatoni membuka Sumatera Bisnis, Investasi & UMKM Festival 2024 yang berlangsung di Palembang Indah Mall Kota Palembang , Rabu 5 Maret 2024. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan  H Agus Fatoni  membuka Sumatera Bisnis, Investasi & UMKM Festival 2024 yang  berlangsung di Palembang Indah Mall Kota Palembang , Rabu (5 Maret 2024).

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan pelaku usaha dan produk UMKM binsaan perusahaan di Sumsel itu juga dihadiri perwakilan UMKM dari Provinsi Bali.

"Ajang festival ini diharapkan menjadi wadah dan memperluas jejaring bisnis antar pelaku bisnis, terutama bagi para UMKM. Ada juga perwakilan dari Kabupaten Badung Provinsi Bali ikut di sini," kata Agus Fatoni.

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur juga menyerahkan sertifikat halal kepada lima pelaku UMKM pembuat pempek Palembang yang diterima langsung oleh masing-masing pelaku usahanya.

"Kita fasilitas UMKM secara maksimal, selalain jejaring bisnis, fasilitasi modal juga fasilitasi produksi halalnya. Namun pada intinya harus ada kesadaran sendiri agar setiap produk didaftarkan untuk sertifikasi halalnya untuk menjadi nilai tambah," kata Pj Gubernur.

Pada kesempatan itu ia juga mengajak semua elemen, khususnya Gen Z untuk cinta dan membeli produk dalam negeri sehingga bisa meningkatkan perekomian.

Selain itu ia memperkenalkan beberapa warisan nusantara atau wastra yang ada di Sumsel antara lain batik dan kopi Sumsel.

"Kita punya banyak produk batik, juga punya kopi terbaik. Sumsel produsen kopi terbesar dan itu salah satu warisan yang harus kita angkat dan meningkatkan perekonomian daerah," kata Agus Fatoni.

Hadirpada kesempatan itu Assisten deputi Fasilitasi Hukum dan Konsultasi Usaha Kemenkop UKM Rahmadi, Kepala Perwakilan BI Sumsel dan OJK Sumsel serta general manager dari beberapa BUMN mitra UMKM peserta pameran.