Musi Banyuasin libatkan MUI ciptakan kondusivitas Pemilu 2024

id MUI,Pemilu ,Rakerda,Pemkab Muba

Musi Banyuasin libatkan MUI ciptakan kondusivitas Pemilu 2024

Pemkab Muba libatkan MUI ciptakan suasana kondusif Pemilu 2024 (ANTARA/HO- Pemkab Muba)

Palembang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) guna menciptakan suasana kondusif menyambut pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Musi Banyuasin Yudi Herzandi di Sekayu, Muba, Minggu, mengatakan bahwa koordinasi Pemkab Musi Banyuasin bersama MUI telah dilakukan melalui rapat kerja daerah (Rakerda) MUI Kabupaten Muba pada Jumat 1 Desember 2023.
 
Dalam kesempatan itu Pemkab Muba mengajak MUI untuk menjaga situasi agar selalu kondusif menyongsong Pemilu 2024 sehingga tetap zero (nol) konflik.
 
"Memposisikan ulama dalam meningkatkan semangat untuk menyukseskan Pilpres, Pileg, dan Pilkada 2024," katanya.
 
Ia juga berharap pengurus MUI di Kabupaten Muba dapat membangun jaringan komunikasi, koordinasi, dan sinergi yang positif antarsesama lembaga MUI yang ada di Kabupaten Muba, sehingga ke depannya akan memberi nilai manfaat bagi perkembangan MUI yang sesuai dengan komitmen persaudaraan antar seluruh masyarakat terdiri dari bermacam-macam agama, suku, bahasa dan budaya.
 
Ketua MUI Kabupaten Muba Husni Thamrin Nawawi menyampaikan tujuan rakerda itu yakni menyusun langkah-langkah dan program untuk tahun yang akan datang.
 
"MUI memiliki tujuan untuk memperkuat agama dan partisipasi ulama dalam pembangunan nasional kemudian mempertahankan keharmonisan antar umat beragama di Indonesia khususnya di Kabupaten Muba," katanya.
 
Ketua Komisi Fatwa MUI Sumsel Nurkholis mengatakan dalam menyusun program kegiatan MUI harus tetap berlandaskan Al Quran, Undang-undang dasar 1945, dan Pancasila serta nilai - nilai luhur bangsa. Kemudian program harus terukur dan juga menghasilkan program yang terukir dengan artian mempunyai kontribusi dan bermanfaat bagi masyarakat.
 
"Saya apresiasi atas program-program yang telah dilaksanakan MUI Kabupaten Muba, seperti semangat para kader-kader ulama dalam mensyiarkan agama Islam misalnya program pendidikan, keagamaan dan program-program sosial lainnya," ujarnya.