OKU Selatan bentuk tim reaksi cepat penanggulangan bencana

id bencana OKU Selatan,penanggulangan bencana,mitigasi bencana

OKU Selatan bentuk tim reaksi  cepat penanggulangan bencana

Arsip Foto - Petugas memadamkan kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Simpang, Kabupaten OKU Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Muaradua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan di Provinsi Sumatera Selatan membentuk tim reaksi cepat (TRC) penanggulangan bencana alam.

"TRC ini khusus untuk menangani bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan kebakaran di wilayah Kabupaten OKU Selatan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Selatan Koni Ramli di Muaradua, Minggu.

Menurut dia, pembentukan TRC merupakan tindak lanjut dari hasil Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2023.

Ia menjelaskan bahwa wilayah Kabupaten OKU Selatan berada di dataran tinggi dan memiliki aliran sungai sehingga rawan mengalami bencana alam seperti tanah longsor dan banjir pada musim penghujan.

"Di wilayah OKU Selatan juga banyak lahan pertanian dan perkebunan yang rentan terbakar saat musim kemarau panjang," kata dia.

Oleh karena itu, ia mengatakan, TRC dibentuk untuk mendukung pelaksanaan mitigasi dan mempercepat upaya penanggulangan bencana.

Menurut dia, TRC akan disiagakan di daerah rawan bencana seperti Kecamatan Banding Agung, Mekakau Ilir, Buay Pematang Ribu Ranau Tengah, Muaradua Kisam, Kisam Tinggi, dan Sungai Are.

Selain membentuk TRC, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan mendirikan posko penanggulangan bencana di daerah-daerah yang rawan mengalami bencana alam.