Polda Sumsel tingkatkan patroli cegah karhutla akibat kesengajaan

id Polda Sumsel, tingkatkan patroli, patroli udara, cegah karhutla, karhutla, sengaja dibakar, larang membakar,berita sumsel, berita palembang

Polda Sumsel tingkatkan patroli cegah karhutla  akibat kesengajaan

Ilustrasi - Pemadaman kebakaran lahan di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. (ANTARA/HO-KLHK)

Palembang (ANTARA) - Polda Sumatera Selatan meningkatkan patroli udara dengan menggunakan helikopter di wilayah rentan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) guna mencegah kebakaran akibat ulah manusia yang sengaja membakar lahan.

"Masyarakat di provinsi ini memiliki kebiasaan melakukan pembakaran untuk membersihkan dan membuka lahan pertanian atau perkebunan baru. Pada kondisi kemarau sekarang ini, tindakan itu merupakan pelanggaran hukum; sehingga perlu dilakukan pengawasan ketat agar karhutla tidak terus meluas mengakibatkan bencana kabut asap," kata Kabidhumas Polda Sumsel Kombes Pol. Supriadi di Palembang, Sumsel, Senin.

Selain pengawasan secara ketat, menurut dia, untuk menutup celah masyarakat dan pemilik perusahaan perkebunan melakukan aksi pembakaran secara sengaja, pihaknya gencar menyosialisasikan maklumat larangan pembakaran lahan untuk kepentingan apa pun, terlebih pada musim kemarau.

Melakukan pembakaran saat musim kemarau berpotensi memicu karhutla secara luas, yang asapnya dapat menimbulkan gangguan berbagai aktivitas masyarakat, penerbangan, dan gangguan kesehatan.

Melihat dampak buruk yang ditimbulkan dari karhutla, Supriadi menambahkan perlu ditingkatkan kesadaran masyarakat untuk meninggalkan kebiasaan membakar lahan dan berpartisipasi melakukan tindakan pencegahan.