Manggala Agni sebut empat helikopter lebih mudah jangkau air

id Manggala Agni ,BPBD,Karhutla ,OKI

Manggala Agni sebut empat helikopter lebih  mudah jangkau air

Arsip - Helikopter pengebom air karhutla OKI, Sumsel. (ANTARA/ Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) -
Manggala Agni mengungkapkan pengoperasian empat unit helikopter pengebom air membuat titik air lebih mudah dijangkau untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan.   
 
"Dengan mengoperasikan sebanyak empat unit helikopter tersebut titik air lebih mudah dijangkau," kata Kepala Manggala Agni Daops Sumatera XVII/ OKI Edi Satriawan saat dikonfirmasi, Selasa.
 
Ia menambahkan bahwa Manggala Agni terus berupaya dan menemukan titik air yang mampu dijangkau dan jaraknya tak terlalu jauh dari titik api dengan menggunakan empat unit helikopter itu.
 
Saat ini ratusan personel terus beroperasi untuk memadamkan karhutla, selain itu Manggala Agni juga telah mendirikan beberapa posko karhutla untuk memudahkan personel dalam beroperasi.
 
Sebelumnya Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumatera Selatan Ansori mengatakan sebanyak enam unit helikopter waterboombing yang dimiliki untuk operasi karhutla Sumsel, empat di antaranya difokuskan untuk penanganan karhutla OKI yang telah terjadi selama periode Agustus hingga September 2023 tersebut.