Anies Baswedan ziarah ke makam Ki Marogan di Palembang

id sumsel,palembang,kunjungan anies,makam ki marogan,berita sumsel, berita palembang

Anies Baswedan ziarah ke makam  Ki Marogan di Palembang

Bakal Calon Presiden Anies Baswedan berziarah ke makam salah satu ulama Masagus Haji Abdul Hamid bin Masagus Mahmud atau dikenal masyarakat Ki Marogan di Kecamatan Kertapati, Kota Palembang, Sumatra Selatan, Senin (11/9/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Bakal calon presiden Anies Baswedan berziarah ke makam salah satu ulama Masagus Haji Abdul Hamid bin Masagus Mahmud atau dikenal dengan Ki Marogan di Kecamatan Kertapati, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Senin.

Kedatangan Anies Baswedan ke Masjid Ki Marogan disambut Ketua Yayasan Ki Marogan Masagus A Fauzan Yayan dan ratusan jamaah.

Menurut dia, Ki Marogan seorang ulama besar yang ilmunya sangat dalam, sangat luas, dan pengaruhnya luar biasa besar bahkan untuk ratusan tahun ke depan akan terus menjadi rujukan.

"Jadi, pertama kali saya berziarah ke Makam KI Maragon ini pada tahun 2013, dan saya sangat bersyukur dapat kembali berziarah, " kata Anies usai berziarah ke Makam Ki Marogan.

Menurut catatan sejarah, Ki Marogan hidup pada tahun 1811 sampai dengan tahun 1901. Saat itu Indonesia masih dijajah Belanda. Semasa hidupnya, Ki Marogan dikenal sebagai ulama yang berjasa terhadap penyebaran dan dakwah Islam di sekitar Palembang. Selain dikenal sebagai sosok yang mencintai masyarakat kecil. Ki Marogan yang juga pengusaha di bidang perkayuan aktif  berderma dan memberi pengobatan bagi masyarakat miskin.

Karena begitu banyaknya kisah "keajaiban" yang dimiliki Ki Marogan atau orang biasa menyebutnya dengan "karomah", maka banyak masyarakat yang beranggapan bahwa Ki Marogan adalah seorang Wali Allah.