Dinkes OKU kembangkan aplikasi e-Puskesmas

id Aplikasi e-Puskesmas, informasi kesehatan, Kementerian Kesehatan, Dinkes OKU

Dinkes OKU kembangkan  aplikasi e-Puskesmas

Dinas Kesehatan OKU menyosialisasikan penggunaan aplikasi "e-Puskesmas" di Baturaja, Sumsel, Selasa (5/9/2023). (FOTO ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan mengembangkan aplikasi "e-Puskesmas" untuk mendukung sistem informasi tentang kesehatan yang cepat dan mudah secara daring.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU Dedi Wijaya di Baturaja, Selasa mengatakan, Sistem Informasi Kesehatan (SIK) merupakan salah satu sumber daya yang sangat strategis bagi suatu organisasi yang melaksanakan prinsip-prinsip manajemen modern.

Sistem Informasi digunakan sebagai masukan dalam proses pengambilan keputusan di bidang kesehatan untuk pelaksanaan pelayanan kesehatan yang intervensi cepat dan mudah.

"Saat ini SIK di Kabupaten OKU menggunakan dua aplikasi berbasis web yaitu e-Puskesmas dan e-Dinkes," katanya. Dia menjelaskan, e-Puskesmas merupakan sistem informasi kesehatan berbasis online sebagai wujud dari penerapan teknologi informasi dan komunikasi yang mampu memberikan kontribusi yang sangat besar dalam memberikan pelayanan prima kepada pasien.