Langit berawan hingga cerah berawan selimuti kota-kota besar Indonesia

id bmkg,prakiraan cuaca,cuaca hari ini,Langit berawan hingga cerah berawan,cerah berawan selimuti kota-kota besar,Langit be

Langit berawan hingga cerah berawan selimuti kota-kota besar Indonesia

Prakiraan cuaca di Kalimantan Selatan edisi Rabu. (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca berawan hingga cerah berawan menyelimuti daratan mayoritas kota besar di Indonesia.

"Aktivitas gelombang ekuator menunjukkan kecenderungan peningkatan aktivitas konvektif," kata Prakirawan BMKG Dendi Rona Purnama di Jakarta, Rabu.

Aktivitas konveksi itu membentuk awan karena adanya pemanasan permukaan oleh matahari yang membuat suhu udara permukaan menjadi lebih tinggi, sehingga beratnya menjadi lebih ringan dibandingkan sekitarnya dan udara akhirnya bergerak naik.

Udara yang bergerak naik tersebut, lalu mendingin dan membentuk awan yang menyelimuti daratan dari paparan sinar matahari.

Aktivitas konveksi itu terjadi di Samudera Hindia sebelah barat Aceh, Laut Andaman, pesisir barat Aceh, hingga Samudera Hindia sebelah barat Sumatera Barat.

Kemudian, sebagian besar wilayah Sumatera bagian utara dan juga tengah, lalu berlanjut ke daerah Riau, Kepulauan Riau. Lalu, daerah Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.