OKU Selatan canangkan gerakan 10 juta bendera merah putih

id HUT RI,Hari kemerdekaan RI, oku selatan, sumsel

OKU Selatan canangkan gerakan 10 juta bendera merah putih

Gerakan pembagian bendera merah putih dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke 78 tahun 2023. (ANTARA/HO/23)

Muaradua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatra Selatan, turut mencanangkan program pusat, yakni membagilkan 2.000 lembar bendera sebagai bagian dari gerakan 10 juta bendera merah putih untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat dalam menyemarakkan HUT ke-78 RI tahun 2023.

Kepala Kesbangpol OKU Selatan Verry Wijaya di Muaradua, Rabu mengatakan, gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih merupakan instruksi pemerintah pusat yang dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia.

"Untuk mendukung gerakan dari pemerintah pusat itu, mulai hari ini kami meluncurkan secara simbolis pembagian bendera merah putih kepada masyarakat," katanya.

Dia mengatakan, gerakan itu sesuai dengan surat Kementerian Dalam Negeri tanggal 1 Agustus tahun 2023 tentang dukungan dan publikasi gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih di seluruh Indonesia.

Untuk Kabupaten OKU Selatan sendiri, kata dia, sebanyak 2.000 lembar bendera merah putih dibagikan secara gratis kepada masyarakat hingga 31 Agustus 2023.

Adapun titik pembagian bendera menyasar pada masyarakat yang melintas di sejumlah ruas jalan raya wilayah Kabupaten OKU Selatan, seperti di Kota Muaradua.

Dia menjelaskan, pembagian bendera dilaksanakan dengan pemikiran bahwa bendera merah putih merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu bangsa Indonesia.

Pembagian bendera simbol negara Indonesia itu bertujuan untuk mempersatukan bangsa serta meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat agar tetap bersatu padu mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Untuk tahap awal pemasangan bendera merah putih dilakukan di setiap perkantoran, kemudian menyasar ke rumah-rumah warga di Kabupaten OKU Selatan," ujarnya.