Pemkab OKU Timur atasi banjir yang kerap landa Kampung Sawah

id Solusi banjir, daerah langganan banjir, pengerukan sungai, Bupati OKU Timur, Dinas PUTR

Pemkab OKU Timur atasi banjir yang kerap landa Kampung Sawah

Bupati OKU Timur, Sumsel, Lanosin Hamzah meninjau daerah rawan banjir di Kampung Sawah, Selasa (25/7/2023). (FOTO ANTARA/Edo Purmana)

Martapura, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan terus berupaya mengatasi masalah banjir yang kerap melanda Kampung Sawah, Kecamatan Martapura agar tidak terulang saat musim hujan.

"Kampung Sawah merupakan daerah rawan banjir yang terjadi hampir setiap tahun sehingga perlu adanya upaya pencegahan agar bencana alam tidak kembali terulang di kawasan itu," kata Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah saat meninjau wilayah rawan banjir di Dusun Kampung Sawah, Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Martapura, Selasa.

Menurut dia, salah satu penyebab banjir karena kurangnya arus aliran ke arah hilir akibat ke dalaman sungai di daerah itu saat ini mulai dangkal.

Apalagi, kawasan Kampung Sawah letaknya lebih rendah sekitar satu meter di atas Sungai Komering sehingga sering kebanjiran, terutama saat musim hujan.

Oleh sebab itu untuk mengatasi banjir, Bupati meminta Dinas PUTR OKU Timur agar segera menerjunkan alat berat guna mengeruk dan menetralkan aliran sungai.

Dinas terkait tersebut juga diminta membangun tebing tembok yang kuat guna menahan air sehingga pada musim hujan debit sungai dari hulu mengalir lancar.

"Dengan upaya tersebut diharapkan kawasan Kampung Sawah kedepannya tidak lagi menjadi langganan banjir," kata Lanosin Hamzah.

Sementara, Kepala Dinas PUTR OKU Timur Aldi Gurlanda menjelaskan bahwa kawasan Kampung Sawah letaknya lebih rendah sekitar satu meter dari Sungai Komering. “Jadi wajar jika sering terendam air dan banjir. Untuk itu dalam waktu dekat kami akan mengerahkan alat berat untuk mengeruk sungai agar tidak dangkal,” katanya.