Pemkab Muba Sumsel menggelar pelatihan Bahasa Inggris bagi ASN

id sekayu muba, bahasa inggris, pelatihan asn

Pemkab Muba Sumsel menggelar pelatihan Bahasa Inggris bagi ASN

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Provinsi Sumatera Selatan menggelar pelatihan Bahasa Inggris bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Sekayu, Muba (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Provinsi Sumatera Selatan menggelar pelatihan Bahasa Inggris bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu.

"Saat ini, penggunaan bahasa asing terutama Bahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk kemajuan daerah bahkan untuk menarik dan melakukan kerjasama dengan pihak investor dari luar negeri," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro di Sekayu Kabupaten Muba, Senin.

Pelatihan bahasa Inggris itu diikuti oleh 40 ASN di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Muba, 24-27 Juli 2023.

Menurut dia, meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris tidak hanya dilakukan oleh anak sekolah atau bagi mereka yang sangat membutuhkan bahasa internasional dalam berkomunikasi.

Namun, Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) juga perlu meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris sebagai upaya untuk mencetak ASN berkelas dunia yang mampu berkompetisi di era global.

Kegiatan pelatihan berbahasa Inggris itu difasilitasi oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Muba. Pelatihan bekerja sama dengan “Indonesia BrainCamp” di Museum Penghulu Muhammad Soleh Kabupaten Muba.

Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud dalam pesan tertulisnya mengatakan kegiatan pelatihan itu untuk meningkatkan kompetensi bahasa asing Aparatur Sipil Negara (ASN) di DPM-PTSP Muba.

Kegiatan itu menurut dia sangat penting untuk mewujudkan ASN kelas dunia, serta mampu menghadapi arus revolusi industri 4.0.

"Untuk itu, sangat diharapkan yang hari ini telah hadir diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan. Maka ikutilah pelatihan ini dengan baik. Jangan lewatkan karena akan sangat rugi jika terlewat meski hanya hitungan menit ataupun jam," kata penjabat Bupati.

Kegiatan pelatihan ini dapat memperkuat kualitas kompetensi dasar para ASN dalam menghadapi perubahan dunia yang kian global dan kompetitif.

"Semoga setelah mengikuti pelatihan, para peserta memiliki kemampuan berkomunikasi bahasa asing dengan baik dan benar secara lisan maupun tulisan," katanya.

Sementara, Kepala DPMPTSP Muba, Riki Junaidi dalam laporannya menyampaikan pengembangan kompetensi merupakan hak yang harus didapatkan oleh setiap pegawai ASN.*