Pemkot Palembang berikan layanan KB gratis pada peringati Harganas 2023

id sumsel,pelayanan kb,harganas 2023,pemkot palembang

Pemkot Palembang berikan layanan KB gratis pada peringati Harganas 2023

Pembukaan pelayanan KB gratis dalam rangka memperingati Harganas 2023 di Rumah Sakit Pusri Palembang, Sumsel, Senin (3/7/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan memberikan pelayanan KB gratis untuk masyarakat di wilayah itu dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2023.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Sosial, dan Kemasyarakatan Wali Kota Palembang Zanariah di Palembang, Senin, mengatakan pelayanan KB itu, berupa pemberian kontrasepsi mantap pada pria/MOP atau vasektomi dan kontrasepsi mantap pada perempuan/MOW atau tubektomi, di Rumah Sakit Pusri Palembang.

“Pada kegiatan ini diberikan sebanyak 76 MOW dan delapan MOW yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemkot Palembang tahun 2023,” katanya.

Selain menyukseskan Harganas 2023, katanya, kegiatan tersebut itu juga sebagai bentuk upaya memenuhi target nasional penggunaan akseptor KB dengan total target sekitar satu juta orang.

Melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan penggunaan MOW dan MOP serta membangun kesadaran masyarakat Kota Palembang untuk menjadi peserta dan mengikuti program KB.

Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Eni Gustina mengatakan pelayanan tersebut penting dalam peningkatan kualitas keluarga di Indonesia.

“Karena salah satu cara peningkatan kualitas keluarga adalah dengan cara merencanakan setiap kehamilan, dan apabila keluarga dirasakan sudah cukup memiliki anak, maka kami menyarani agar keluarga melakukan kontrasepsi mantap sehingga tidak perlu khawatir untuk melakukan suntik KB setiap bulannya,” ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kualitas keluarga dan mengurangi angka stunting di Indonesia.

“Kami berharap kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan pada Harganas 2023 saja, tetapi secara rutin kegiatan ini bisa terus dilakukan,” ucapnya.

Selain itu, BKKBN mendukung dan memberikan anggaran kepada rumah sakit yang memberikan pelayanan KB untuk metode kontrasepsi jangka panjang, yaitu pemasangan IUD (intrauterine device/spiral), implan dan sebagainya.