Ribuan warga jalankan shalat Idul Adha di Masjid Agung Palembang

id sumsel,shalat idul adha,masjid agung palembang,antusias masyarakat

Ribuan warga jalankan shalat Idul Adha di Masjid Agung Palembang

Suasana shalat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo Palembang, Kamis (29/6/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Ribuan warga Muslim Kota Palembang, Sumatra Selatan melaksanakan shalat Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo.

Sekretaris Umum Masjid Agung Palembang Iqbal di Palembang, Kamis, mengatakan seperti tahun-tahun sebelumnya Masjid Agung Palembang, jamaah memenuhi sepanjang pelataran masjid hingga memadati bahu jalan.

Dalam mempersiapkan momen shalat Idul Adha, pihaknya telah melakukan secara matang dengan cara berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

“Selama pelaksana shalat dibantu Pemkot Palembang agar pelaksanaannya berjalan dengan aman dan nyaman,” katanya.

Pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Agung ini dipimpin langsung ustadz Kgs Rasyid Sidddiq sebagai imam dan khatib disampaikan ustadz Andi Syarifddin.

Dalam khutbah shalat Idul Adha ustadz Andi Syaifudin mengajak masyarakat Palembang untuk meneladani keteguhan Iman dan kesabaran Nabi Ibrahim AS.

Bukti ketakwaan Nabi Ibrahim AS, katanya, banyak tertulis dan disebutkan Allah subhanahu wa ta ala (SWT) dalam Al Quran, terutama pada saat Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim AS, untuk menyembelih anaknya sendiri yakni Nabi Ismail AS.

“Pada hakikatnya Allah SWT ingin melihat betapa besarnya ketakwaan yang dimiliki Nabi Ibrahim AS," kata Andi Syaifudin .

Setelah selesai shalat Idul Adha, pengurus Masjid Agung Palembang langsung mempersiapkan pelaksanaan pemotongan hewan kurban yang ada di masjid tersebut dan membagikan 3.000 kupon ke masyarakat di sekitar Masjid Agung Palembang yang digunakan untuk pengambilan daging hewan kurban.

Pembagian kupon tersebut dilakukan pada pukul 10.00 WIB, dan pengambilan daging hewan kurban itu dimulai setelah shalat dzuhur.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ribuan umat Islam shalat Idul Adha di Masjid Agung Palembang