Stasiun KAI Baturaja batalkan keberangkatan ratusan penumpang KA

id Kecelakaan kereta api, kereta Babaranjang, tiket penumpang, Stasiun Baturaja

Stasiun KAI Baturaja batalkan keberangkatan ratusan penumpang KA

Penumpang kereta api Ekspres Rajabasa di Stasiun Baturaja, Senin (7/11/2022). (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Stasiun Baturaja, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan membatalkan keberangkatan ratusan penumpang kereta api (KA) akibat insiden kecelakaan dua kereta Batubara Rangkaian Panjang (Babaranjang) yang terjadi di wilayah Kabupaten Lampung Tengah pada Senin (7/11) pukul 02.25 WIB.

"Perjalanan kereta api ekspres untuk hari ini bisa dikatakan lumpuh total," kata Kepala Stasiun Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Abdulah di Baturaja, Senin.

Dia mengatakan, akibat peristiwa kecelakaan tersebut pihaknya terpaksa membatalkan keberangkatan KA dari Baturaja tujuan Palembang maupun Baturaja-Tanjung Karang, Provinsi Lampung.

Tiket yang sudah dibeli penumpang baik secara langsung ataupun melalui online dikembalikan pihak stasiun 100 persen atau tanpa adanya potongan.

"Ada sekitar 200 tiket penumpang tujuan Baturaja-Lampung, dan Baturaja-Palembang yang kami kembalikan tanpa ada potongan," katanya.

Abdulah menyampaikan, berdasarkan informasi dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre IV Tanjung Karang menyebutkan bahwa kecelakaan antara dua kereta api Babaranjang itu terjadi dini hari tadi sekitar pukul 02.25 WIB.

"KA Babaranjang dengan No. PLB 3031A bermuatan batubara dari arah Stasiun Bekri kemudian datang dari arah berlawanan KA Babaranjang PLB 3056A dari arah Tegineneng. Keduanya sama-sama di Jalur 1 hingga terjadi kecelakaan adu kambing," jelasnya.

Akibat peristiwa tersebut empat orang terluka, yaitu masinis dan asisten masinis dan dipastikan perjalanan KA Rajabasa Ekspres menjadi terganggu.

"Hanya untuk hari ini saja yang dibatalkan. Keberangkatan untuk besok tetap berjalan normal," tegasnya.