BPBD jamin kecukupan bantuan logistik korban longsor di Muba

id Tenda Darurat,BPBD Musi Banyuasin

BPBD jamin kecukupan bantuan logistik korban longsor di Muba

Petugas tim pengendalian operasi BPBD Musi Banyuasin mendirikan tenda darurat penampungan korban bencana tanah longsor Desa LK III, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa (4/10/2022) (ANTARA/HO-BPBD Musi Banyuasin)

Palembang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan menjamin kecukupan bantuan logistik untuk korban tanah longsor di Desa LK III, Kayu Ara, Kabupaten Musi Banyuasin.

Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Sumsel Ansori dikonfirmasi di Palembang, Selasa, mengatakan pasokan logistik tersebut berupa sembako dan barang kebutuhan sandang yang sudah disalurkan oleh BPBD setempat.

Bantuan tersebut sedikitnya berjumlah 15 paket sembako terdiri atas minyak goreng, makanan kaleng, makanan ringan, gula, dan beras.

Selain itu, lanjutnya, sudah disiapkan beberapa selimut, obat-obatan, satu tenda pengungsian, dan peralatan masak darurat di lokasi kejadian.

“Jumlah bantuan itu sudah diperhitungkan secara proporsional untuk mencukupi kebutuhan korban terdampak longsor beberapa hari ke depan,” kata dia.

Dia menjelaskan sebagaimana mekanisme penanggulangan kedaruratan bencana bila kondisi lebih dari 14 hari, maka akan ada penyaluran bantuan lainnya dari Dinas Sosial setempat atau instansi terkait lainnya.

“Yang pasti cukup, pada prinsipnya sangat terbuka bila ada bantuan lain untuk meringankan beban warga terdampak bencana,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD Musi Banyuasin Pathi Riduan mengatakan 10 warga Desa LK III, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Sekayu menjadi korban tanah longsor.

Dari Jumlah korban tersebut, di antaranya Nurmah (87) dengan satu anggota keluarga, Iwan (54) dengan enam anggota keluarga, serta Zuriah (62) dengan dua anggota keluarga.

“Mereka berhasil diselamatkan saat ini dievakuasi menempati tenda penampungan dan beberapa di rumah kerabatnya,” kata dia.

Dia menjelaskan para korban berhasil dievakuasi tim pusat pengendalian operasi BPBD dari tanah longsor di pemukiman mereka di tepian Sungai Musi, Selasa, sekitar pukul 08.00 WIB.

Kondisi di lapangan saat itu, lanjutnya, para korban tersebut nyaris terbawa material runtuhan tiga rumah semi permanen milik mereka yang mengalami longsor.

Bencana longsor itu disebabkan hujan deras yang mengguyur daerah Sekayu selama dua jam atau setidaknya mulai sekitar pukul 05.00-08.00 WIB.

“Saat ini puluhan orang petugas Pusdalops BPBD, TNI/Polri masih disiagakan di lokasi kejadian untuk mengantisipasi bencana susulan,” kata dia.