OKI apel gabungan kesiapsiagaan tanggap bencana alam

id sumsel oki, darurat bencana

OKI apel gabungan kesiapsiagaan tanggap bencana alam

Guna mengantisipasi dampak fase peralihan musim dari kemarau ke musim penghujan, Jajaran Pemkab OKI menggelar Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam rangka Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi di wilayah OKI di Halaman Kantor Bupati OKI, Kamis (18/1/2024). (ANTARA/HO/Diskominfo)

Kayu Agung, OKI (ANTARA) - Guna mengantisipasi dampak fase peralihan musim dari kemarau ke musim penghujan,  Jajaran Pemkab OKI menggelar Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam rangka Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi di wilayah OKI di Halaman Kantor Bupati OKI, Kamis (18/1/2024).

Apel gelar pasukan dan peralatan diawali dengan pengukuhan secara simbolis pemakaian topi penanggulangan oleh Pj. Bupati OKI, Asmar Wijaya kepada Satgas Penanggulangan Bencana dilanjutkan pengecekan pasukan dan peralatan bersama Forkopimda Kabupaten OKI.

Dalam amanatnya, Apel siaga ini untuk mensinergikan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Daerah, TNI/Polri dalam menghadapi bencana dan upaya, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan kemampuan  bersama dalam menghadapi bencana.

“Ini merupakan bentuk kesiapan siagaan kita menghadapi potensi-potensi bencana. Kita berharap agar Kabupaten OKI maupun daerah lainnya dapat terhindar dari bencana alam ,” ujarnya.

Menurut Pj Bupati Asmar, Kabupaten OKI telah siap baik dari personil, peralatan maupun cara bertindak apabila terjadi bencana alam.

"Melakukan pengecekan baik personil, peralatan maupun lainnya dipastikan siap. Diharapkan kegiatan ini dapat mewujudkan ketangguhan dalam menghadapi bencana dan memberikan rasa aman kepada masyarakat,” terangnya.

Asmar Wijaya berharap pola penanggulanggan bencana alam secara kolaboratif ini dapat juga kita terapkan pada pola pencegahan sehingga bisa memberikan dampak yang lebih optimal dalam rangka penanganan bencana alam di kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

"Kerja-Kerja kolaborasi pada pihak terkait sangatlah penting untuk jadi sandaran dalam penanganan bencana alam di Kabupaten OKI," pungkasnya