Disperindag OKU Timur dorong pelaku industri sampaikan data via SIINAS

id Aplikasi SIINAS, penyampaian data usaha, pelaku industri, satu data Indonesia, Disperindag OKU Timur

Disperindag OKU Timur dorong pelaku industri sampaikan data via SIINAS

Ilustrasi - Petugas Disperindag Babel melakukan pendampingan dan pelatihan kepada para pelaku usaha untuk input data Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas). (ANTARA/ Donatus Dasapurna)

Martapura (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, mendorong pelaku industri di daerah itu untuk menyampaikan data dari dunia usaha kepada pemerintah melalui aplikasi Sistem Informasi Industri Nasional (SIINAS).

Kepala Disperindag OKU Timur, Amin Zen di Martapura, Senin, menjelaskan bahwa SIINAS merupakan aplikasi dari Kementerian Perindustrian yang menyediakan data industri di Republik Indonesia.

"Sistem ini menjadikan informasi terintegrasi yang berisi data dan informasi industri secara nasional yaitu satu data industri Indonesia," jelas Amin Zen.

Aplikasi SIINAS itu, ujar dia, berfungsi bagi pemerintah dan pelaku industri untuk mengolah data dunia usaha guna  dianalisis dan dijadikan sebagai dasar pijakan bagi pemerintah dalam menyusun rangkaian kebijakan yang pro-industri.

Hal tersebut, lanjutnya, seperti jaminan ketersediaan pasokan bahan baku dan energi, perlindungan dari serbuan barang-barang impor, pemberian fasilitas fiskal dan non fiskal, serta kebijakan-kebijakan lainnya.

"Peran Disperindag dalam penyelenggaraan SIINAS adalah mendorong perusahaan industri dan kawasan industri untuk menyampaikan data usaha melalui aplikasi ini," kata Amin Zen.


Disperindag juga berperan untuk memberi asistensi kepada perusahaan industri yang mengalami kesulitan saat menyampaikan laporan melalui aplikasi tersebut.

"Untuk itu belum lama ini kami menggelar sosialisasi tentang cara penggunaan SIINAS yang melibatkan para pelaku industri di Kabupaten OKU Timur," katanya.

Ia mengutarakan harapannya agar melalui sosialisasi tersebut para pemegang perusahaan yang bergerak di bidang industri baik besar atau industri kecil dan menengah agar dapat manfaatkan penggunaan aplikasi SIINAS secara maksimal.

"Di era teknologi dan digitalisasi saat ini penyampaian data melalui SIINAS sangatlah penting agar penyajian data lebih cepat dan ter-update," ujar dia.