Jasa Raharja Sumsel bakti sosial HUT Ke-66 Bhayangkara Lantas

id Wadirlantas polda sumsel,Jasa Raharja Sumsel

Jasa Raharja Sumsel bakti sosial  HUT Ke-66 Bhayangkara Lantas

Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan bersama Direktorat Lalu Lintas, Biddokes Polda Sumsel dan Satlantas Polrestabes Palembang menggelar bakti sosial kepada masyarakat Kota Palembang, Jumat (17/9/2021) (ANTARA/HO-Jasa Raharja cabang Sumatera Selatan)

Sumatera Selatan (ANTARA) - PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan melakukan bakti sosial dengan sasaran masyarakat Kota Palembang dalam keikutsertaan menyambut HUT Ke-66 Bhayangkara Lalu Lintas yang jatuh pada Rabu (22/9) di daerah itu.

Kepala Cabang Jasa Raharja Sumatera Selatan Abubakar Aljufri di Palembang, Jumat, mengatakan bakti sosial itu, berupa penyediaan layanan pengobatan, pemeriksaan kesehatan MUKL (Mobil Unit Keselamatan Lalulintas), serta pembagian sembako dan 500 masker medis secara gratis kepada masyarakat Kota Palembang.

Kegiatan berlangsung secara serentak di dua lokasi yang berbeda, meliputi masyarakat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan, Kecamatan Sukarame dan kawasan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Kecamatan Gandus.

Sedikitnya tercatat 118 warga memanfaatkan layanan kesehatan secara gratis yang berkolaborasi dengan Direktorat Lalu Lintas, Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Sumatera Selatan serta Satuan Lalu Lintas Polrestabes Palembang.

"Masyarakat melakukan pemeriksaan kolesterol, gula darah sekaligus dapat obat-obatan gratis, kesehatan mereka diperiksa secara tertib oleh Bidokkes Polda Sumsel," kata dia.

Ia menjelaskan Jasa Raharja sebagai mitra kerja Polisi Lalu Lintas dalam menyelenggarakan keselamatan masyarakat berlalu lintas di jalan, dalam kegiatan tersebut juga menyosialisasikan pentingnya berkendara dengan aman dan bertanggung jawab kepada masyarakat.

Sosialisasi itu, katanya, penting dilakukan sebab masih tinggi angka kecelakaan lalu lintas beberapa tahun terakhir, bahkan di antaranya korban kecelakaan lalu lintas didominasi usia produktif (usia angkatan kerja dan atau pelajar).

Salah satu faktor penyebab kecelakaan tersebut, kata dia, kelalaian pengendara dan orang tua memberikan kendaraan kepada anak-anak yang masih belum cukup umur untuk berkendaraan di jalan raya.

"Hal demikian itu sangatlah disayangkan karena kelalaian yang seharusnya dapat diantisipasi sejak dini, seperti untuk tidak memberikan fasilitas kendaraan kepada anak-anak di bawah umur," katanya.

Dalam kondisi demikian itu, Jasa Raharja sebagai asuransi kerugian memberikan santunan kecelakaan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas di jalan.

Hingga Agustus 2021, santunan yang sudah diberikan sekitar Rp30,7 miliar atau mengalami kenaikan 27 persen atau sekitar Rp6,6 miliar dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020.

Hingga saat ini, Jasa Raharja sudah bekerja sama dengan 64 rumah sakit tersebar di Sumatera Selatan untuk peningkatan pelayanannya. Saat terjadi kecelakaan lalu lintas, korban tidak diharuskan membayar dengan dana pribadi untuk penanganannya.

"Karena pembayaran santunan luka-luka sudah dilakukan secara 'over booking' kepada managemen rumah sakit, sehingga tidak ada lagi pengajuan santunan yang diurus sendiri oleh masyarakat," ujarnya.

Dana santunan untuk korban meninggal dunia diberikan senilai Rp50 juta kepada ahli waris yang sah, untuk korban cacat tetap mendapatkan santunan maksimal Rp50 juta. Selain itu, santunan perawatan maksimal Rp20 juta, biaya penguburan atau pemakaman Rp4 juta (jika tidak ada ahli waris), biaya P3K sebesar Rp1 juta serta biaya ambulans Rp500.000.

"Dana santunan yang diberikan Jasa Raharja tersebut tanpa ada potongan administrasi," katanya.

Wakil Direktur Direktorat Lalulintas Polda Sumatera Selatan AKBP Sigit Adiwuryanto mengapresiasi peran serta Jasa Raharja Cabang Sumsel menyukseskan bakti sosial menyambut HUT Ke-66 Bhayangkara Lalu Lintas di daerah itu.

Ia mengharapkan gerakan kemanusiaan ini dapat memberikan kesehatan kepada masyarakat Kota Palembang, sekaligus mendapatkan pemahaman seputar keselamatan dalam berkendara.

"Jangan takut dengan Polisi Lalu Lintas sebab kami bersama dengan Jasa Raharja ini berkomitmen menjaga keselamatan anda (masyarakat, red.) dalam berkendara di jalan," katanya
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021