Pelaku UMKM di Muba terima pencairan BLT

id umkm,umkm muba,musi banyuasin,kabupaten muba,usaha mikro,blt muba

Pelaku UMKM di Muba terima pencairan BLT

Bupati Kabupaten Musi Banyuasin Dodi Reza Alex menyerahkan BPUM untuk pelaku UMKM. (ANTARA/HO/21)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak 11.869 pelaku Usah Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) program bantuan produktif usaha mikro (BPUM) yang dikucurkan pemerintah pusat.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Musi Banyuasin (Muba) Zulfakar di Sekayu, Jumat, mengatakan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM mengalokasikan Rp14,24 miliar untuk BPUM di Muba pada tahun ini.

“Saat ini tengah proses pencairan, setiap penerima mendapatkan Rp1,2 juta,” kata dia.

Zulfakar melanjutkan sebetulnya Pemkab Muba menargetkan sebanyak 15.000 – 17.500 UMKM di daerah itu bisa mendapat BPUM 2021. Oleh karena itu, pemkab mengusulkan penerima susulan ke kementerian.

Terdapat 4.945 pelaku UMKM dari berbagai asosiasi usaha yang kami ajukan sebagai penerima BPUM.

Sementara untuk tahun 2020 telah terealisasi sebanyak Rp26,05 miliar untuk 10.857 UKM melalui tiga perbankan BUMN di Muba.

Bupati Muba Dodi Reza Alex mengatakan pemkab juga mendukung pemulihan ekonomi bagi UMKM dengan membangun 40 unit kios yang tersebar di sejumlah kecamatan.

“Pada saat pandemi tahun lalu, saya putar otak memikirkan bagaimana masyarakat dikurangi beban hidup, dengan memberikan bukan hanya bantuan dari pemerintah pusat melainkan juga dari kabupaten,” ujarnya.

Salah satu penerima bantuan, Aisyah, mengatakan dirinya mengapresiasi bantuan modal usaha yang diberikan pemerintah.

“Dengan adanya bantuan dari bupati sangat bermanfaat bagi kami menjalankan usaha terutama di masa pandemi,” kata dia.