Petugas berjibaku padamkan api kebakaran pabrik kayu lapis

id pabrik kayu lapis, temanggung, terbakar

Petugas berjibaku padamkan api kebakaran pabrik kayu lapis

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api yang membakar pabrik kayu lapis PT Albasia Kayu Prima di Desa Nguwet, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Kamis. ANTARA/Heru Suyitno

Temanggung (ANTARA) - Pabrik kayu lapis PT Albasia Kayu Prima di Desa Nguwet, Kranggan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terbakar pada Kamis dini hari.

Hingga lewat dari pukul 08.30 WIB Kamis pagi, sejumlah petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api yang masih menyala di beberapa titik di tumpukan kayu lapis.

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Temanggung, Rama Aditya, mengatakan hampir 60 persen kayu olahan dan bangunan ludes terbakar sejak pukul 02.15 WIB.

Kobaran api yang begitu besar membuat petugas pemadam kebakaran kesulitan untuk menjinakkan api. Ia mengatakan, empat unit mobil pemadam kebakaran dan empat mobil tangki dikerahkan untuk memadamkan api.

Ia menuturkan api membakar seluruh bangunan yang merupakan tempat pengeringan kayu. Tiupan angin serta tumpukan kayu kering membuat api menghanguskan bangunan pabrik.

Kobaran api yang begitu hebat serta serta asap yang tebal membuat beberapa petugas pemadam kebakaran kelelahan dan harus dibantu dengan alat bantu pernapasan.

Menurut dia, titik api diduga berasal dari alat pemanas atau oven pengering kayu yang menjalar ke tumpukan kayu di sekitarnya. "Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, namun kerugian akibat kebakaran ini mencapai ratusan juta rupiah.

Akibat kebakaran itu, pabrik terpaksa menghentikan operasionalnya, karyawan yang akan masuk kerja terpaksa dipulangkan dulu.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar