Tim Cekal COVID-19 Dompet Dhuafa sterilisasi gereja

id Dompet Dhuafa, COVID-19,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Tim Cekal COVID-19 Dompet Dhuafa sterilisasi gereja

Relawan Dompet Dhuafa mensterilisasi tempat ibadah di Jakarta, Senin (16/3/2020). (ANTARA/HO/Humas Dompet Dhuafa)

Jakarta (ANTARA) - Tim pencegahan dan penangkalan (CEKAL) COVID-19 Dompet Dhuafa melakukan sterilisasi tempat ibadah gereja dan wihara guna menangkal penyebaran virus SARS-COV-2, penyebab penyakit COVID-19.

"Tim Cekal COVID-19 Disaster Managemen Center (DMC) Dompet Dhuafa melakukan sterilisasi dan penyemprotan disinfektan ke sejumlah fasilitas umum, mulai dari Vihara Avalokitesvara, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan hingga Gereja Santo Tomas, Pondok Labu, Jakarta Selatan," kata Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa drg. Imam Rulyawan melalui keterangan pers di Jakarta, Senin.



Imam mengatakan selain tempat-tempat ibadah, Tim Cekal Dompet Dhuafa juga membersihkan tempat pengajian anak dan Quran Miftahul Jannah Depok.

Dompet Dhuafa merespons dengan cepat kasus COVID-19 dengan mendirikan pusat informasi atau Corona Center dengan layanan Call Center Siaga Dompet Dhuafa di nomor 0811 16 17 101.

Selain itu, Dompet Dhuafa juga menyiapkan unit khusus dan program-program pengendalian kasus COVID-19 dengan melibatkan rumah sakit-rumah sakit Dompet Dhuafa.



Selain dengan penyemprotan disinfektan serta sterilisasi, Dompet Dhuafa juga terus mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan bersih dengan rutin mencuci tangan dengan bersih dan benar, sehingga kuman, bakteri dan virus yang ada di tangan tidak akan masuk tubuh.

"Tentu dengan metode cuci tangan yang benar dengan mencuci tangan lima waktu," katanya.

Sebelumnya, masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah guna membatasi dan melokalisir penyebaran virus SARS-COV-2, penyebab COVID-19.

Sejumlah transportasi umum juga dikurangi baik jumlah armada maupun frekuensi waktu operasionalnya setelah pemerintah daerah mendorong masyarakat untuk melakukan aktivitas belajar dan bekerja dari rumah guna mengendalikan penyebaran COVID-19.