"Flood Gate" benteng pertahanan terakhir MRT dari banjir

id Flood gate, tanggul banjir, mrt jakarta,Mrt,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari i

"Flood Gate" benteng pertahanan terakhir MRT dari banjir

Pemasangan "flood gate" atau tanggul penahan banjir di Stasiun MRT Jakarta, Kamis (30/1/2020) (ANTARA/DEVI NINDY)

Jakarta (ANTARA) - Operator moda transportasi cepat, MRT Jakarta memperkenalkan "flood gate" atau tanggul banjir sebagai benteng pertahanan terakhir saat menghadapi banjir di pintu masuk Stasiun MRT.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta Muhammad Effendi menyebut pemasangan "flood gate" tersebut memakan waktu tak kurang dari lima menit.

"Alat ini ada di belakang masing-masing pintu masuk stasiun, membutuhkan tiga orang dengan waktu memasang dalam simulasi kita sekitar 4.24 menit," ujar Effendi di Jakarta, Kamis (30/1).

Secara teknis, Effendi mengatakan, Stasiun MRT Jakarta bawah tanah akan aman dari banjir. Ada empat benteng pertahanan banjir sebelum air sempat masuk ke dalam.
 
Kereta MRT Jakarta atau yang disebut Ratangga. (MRT Jakarta)
Pertama, pintu masuk Stasiun MRT Jakarta sudah didesain untuk menghadapi tinggi banjir dalam siklus 200 tahunan.

Kedua, saluran drainase yang selalu bekerja optimal dengan bantuan petugas dari Dinas Bina Marga maupun Dinas Sumber Daya Air.

Kemudian pengerahan pompa air untuk menyedot genangan yang ada di sekitar Stasiun MRT. Tak lupa juga dengan sumur resapan yang dibangun di fasilitas tersebut.

"Kalau ketiga itu banjir tetap naik, dan mulai menggenang di satu anak tangga, kita pasang 'flood barrier,' tanggul kita pasang satu-satu," ujar Effendi.

Pemasangan "flood gate" tersebut terpasang di depan pintu masuk dan evakuasi penumpang akan berlangsung di Stasiun MRT dengan jalur layang.