Polda jaga harga kebutuhan pokok tetap normal selama ramadhan

id turunkan tim ke pasar tradisional, jaga harga normal, kebutuhan pokok masyarakat,polda sumsel, awasi pasar

Dokumen - Sejumlah calon pembeli mengamati kualitas beras yang dijual di pasar Induk (ANTARA/M Risyal Hidayat).

Palembang (ANTARA) - Tim khusus Polda Sumatera Selatan yang diturunkan ke sejumlah pasar tradisional di Palembang, Selasa, berupaya menjaga harga kebutuhan pokok masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan dan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah/ Juni 2019 tetap normal.

Kanit 2 Subdit 1 Indagsi Ditreskrimsus Polda Sumsel, Kompol Baginda Harahap ketika memimpin inspeksi mendadak di sejumlah pasar tradisional Palembang kegiatan tersebut akan lebih diintensifkan sehingga tidak terjadinya kenaikan harga kebutuhan pokok di luar batas kewajaran.

Berdasarkan hasil pengawasan di lapangan beberapa hari ini tidak ditemukan kebutuhan pokok masyarakat yang mengalami kenaikan di luar batas kewajaran.

Kebutuhan pokok masyarakat sekarang ini dijual pedagang dengan harga wajar, bahkan ada beberapa barang yang mengalami penurunan harga.

Harga bawang putih yang pada bulan sebelumnya mengalami kenaikan cukup tinggi hingga di atas Rp80.000 per kilogram kini harganya sudah normal Rp30.000/kg.

Kemudian bawang merah dijual pedagang dengan harga Rp20.000/kg, cabai merah Rp18.000/kg, dan daging sapi lokal dijual dengan harga Rp120.000/kg.

Harga kebutuhan pokok tersebut diupayakan stabil menjelang Hari Raya Idul Fitri yang biasanya terjadi peningkatan permintaan sehingga tidak memberatkan masyarakat.

Untuk mencegah terjadinya kenaikan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional, pihaknya akan terus melakukan pengawasan di lapangan.

Tim khusus untuk memantau harga kebutuhan pokok di pasar tradisional dan melakukan penertiban pedagang jika diketahui menimbun barang dan menaikkan harga di luar batas kewajaran.akan bekerja lebih intensif.

Tim khusus dari Subdit 1 Indagsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumsel akan lebih gencar turun ke sejumlah pasar tradisional di Kota Palembang dan beberapa daerah lainnya.

Dengan kegiatan turun ke lapangan diharapkan bisa mencegah terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang hari besar keagamaan ummat muslim itu, ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar