Tiket terusan diharapkan dongkrak jumlah penumpang LRT Palembang

id lrt,LRT Palembang,Bus Damri,Bus Trans Musi,tiket lrt,harga tiket lrt,PT Kereta Api Indonesia,Aida Suryanti

Tiket terusan diharapkan dongkrak jumlah penumpang LRT Palembang

Sejumlah penumpang menikmati pemandangan di atas Light Rail Transit (LRT) atau kereta ringan Palembang. (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kebijakan tiket terusan yang mengintegrasikan LRT Palembang dengan dua moda transfortasi massal lainnya yakni Bus Damri dan Bus Trans Musi diharapkan dapat mendongkrak jumlah penumpang kereta dalam kota tersebut.

Manager Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Indonesia Aida Suryanti di Palembang, Senin, mengatakan adanya tiket terusan ini membuat penumpang lebih diuntungkan karena satu tiket tapi dapat memanfaatkan untuk melanjutkan perjalanan ke moda transportasi lainnya.

"Harapannya, masyarakat mau beralih ke moda transfortasi umum," kata Aida.

Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan, PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Palembang, Perum Damri, PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) dan Dinas Perhubungan Sumatera Selatan, resmi menerapkan tiket terusan/integrasi angkutan LRT pada Minggu (24/2).

Terdapat tiga katagori tarif pada tiket integrasi ini, yakni umum, mahasiswa, dan pelajar. Khusus untuk mahasiswa dan pelajar ditetapkan tarif yang lebih murah dibandingkan kategori umum karena pemerintah ingin membudayakan penggunaan transfortasi umum ke kalangan milenial.

Untuk tarif integrasi LRT-Damri, penumpang umum Rp10.000, mahasiswa dan pelajar tarifnya sebesar Rp7.000.

Tarif LRT-Trans Musi untuk kategori umum dan mahasiswa Rp7.000, pelajar hanya sebesar Rp 5.000.

Sementara, jika penumpang menggunakan Damri-LRT-Trans Musi, besaran tarif yang harus dibayar untuk penumpang umum dan mahasiswa Rp12.000, pelajar Rp10.000.

Ia mengatakan untuk memaksimalkan program ini, bus Damri akan berhenti di Stasiun DJKA setiap 10 menit, dan untuk Trans Musi akan berhenti di setiap Stasiun LRT.

Sedangkan untuk LRT, tiket integrasi berlaku untuk rute Stasiun DJKA sampai Stasiun Asrama Haji dan sebaliknya.

"Untuk pembelian tiketnya pun sangat mudah, karena dilayani di setiap loket di Stasiun LRT, Halte Transmusi, dan loket Damri," kata dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar