Jamaah haji OKU Timur meninggal di Masjid Nabawi

id jch,haji,jamaah calon haji,cjh meninggal,cjh oku timur meninggal,meninggal di masjid nabawi,masjid nabawi,kemenag sumsel

Jamaah haji OKU Timur meninggal di Masjid Nabawi

Ilustrasi (Dok Foto Istimewa)

Mekah, (ANTARA News Sumsel) - Jamaah haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, atas nama Budi Riyati binti Asmo (54) meninggal di Masjid Nabawi,  Arab Saudi,  Rabu pagi waktu Arab Saudi.
 
"Almarhumah rencananya akan dishalatkan hari ini juga dan dimakamkan di Pemakaman Baqi, Madinah," kata Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi dalam rilisnya yang diterima Antara saat berada di Mekah, Rabu.

Pihaknya turut berduka atas kepergian almarhumah.

Dia mengatakan,  meskipun belum sampai keseluruhan melaksanakan rangkaian ibadah haji, niat almarhumah untuk melaksanakan rukun Islam kelima diterima Allah SWT.

"Insya Allah khusnul khatimah. Apalagi almarhumah sudah berada di Tanah Suci dan menyelesaikan Arbain (shalat 40 waktu) di Madinah.

Menurut dia, semula Kloter 5 di mana almarhumah bergabung, jam 14.00 WAS atau jam 18.00 WIB hari ini akan berangkat menuju Mekkah setelah delapan hari di Madinah.

Namun takdir berkata lain, almarhumah dipanggil menghadap yang sang pencipta di dekat pintu nomor 13 Masjid Nabawi, kata Kakanwil.

Dia mengatakan, Budi Riyati merupakan jamaah pertama asal Embarkasi Palembang yang meninggal di Arab Saudi pada musim haji tahun ini. Dia berharap ini juga yang terakhir. ¿Kita tentu berharap semoga jamaah haji Indonesia dan Sumsel khususnya, bisa kembali ke Tanah Air dengan selamat, sehat, dan membawa predikat haji mabrur.

Memang, lanjut dia, pihaknya mengakui setiap musim haji ada jamaah yang meninggal bahkan bisa mencapai 20 orang.

Sementara pembimbing haji kloter dua Zainal Umari yang sedang berada di Mekkah juga turut berduka cita atas meninggalnya Almarhumah.

Dalam WAnya mereka bersama keluarga mengucapkan turut beduka cita atas kepergian Almarhumah.

Semoga amal ibadah almarhumah terima Allah SWT dan keluarga yang ditinggal diberi ketabahan.

Sementara Humas PPIH Embarkasi Palembang Saefudin Latief mengatakan, pihaknya hingga hari ini  menerima kedatangan jamaah Kloter 12 asal Palembang dan Muaraenim.

Jamaah yang datang berjumlah 450 orang termasuk lima petugas kloter. Kloter 12 akan diberangkatkan menuju Jeddah, Kamis (2/8) besok, pukul 21.00 WIB.

Dia mengatakan,  hingga hari ini, Embarkasi Palembang telah memberangkatkan 4.927 jamaah dengan rincian Sumsel 3.805 orang, Babel 1.067 orang, dan petugas kloter sebanyak 55 orang. Saat ini, jamaah kloter 1,2,3,4,10, dan 11 sudah berada di Makkah, jamaah kloter 5 siang ini bergerak dari Madinah menuju Makkah.

Sedangkan jamaah kloter 6 sampai 9 masih berada di Madinah,¿ beber Humas PPIH Embarkasi Palembang H. Saefudin. (T.U005)