LRT akan menjadi kebanggaan masyarakat Palembang

id menhub,lrt,asian games,lrt palembang,kereta layang ringan,uji coba lrt

LRT akan menjadi kebanggaan masyarakat Palembang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) didampingi Direktur Utama PT Len Industri (Persero) Zakky Gamal Yasin (kedua kanan), Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Putra. (kanan) dan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri (kedua kiri) berada di dalam gerbong kereta layang ringan atau "Light Rail Transit/LRT" saat dilakukan uji coba dinamis secara terbuka di Stasiun LRT Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (27/5). (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta layang  ringan (LRT) akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Palembang khusus Sumatera Selatan karena angkutan massal itu sangat modern.

"Kereta layang ringan Palembang ini merupakan yang pertama di Indonesia sehingga akan menjadi percontohan," kata menteri di Palembang, Minggu.

Menteri perhubungan berada di Sumsel untuk menhadiri serangkaian Dialog Kebangsaan dan memberikan bantuan bus untuk Unsri Palembang sekaligus meninjau perkembangan LRT.

Dia mengatakan, masyarakat patut bangga karena pemerintah pusat memberikan dana cukup besar dalam membangun jalur dan pengadaan kereta api listrik tersebut. Infrastrukturnya hampir rampung dan rel sudah dipasang.

Kereta listrik itu merupakan angkutan massal yang sangat dibutuhkan di perkotaan. Apalagi suatu kota yang modern membutuhkan angkutan massal tercanggih seperti LRT, ujar menteri.

Bahkan, LRT diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat dalam penggunaan transportasi.

Namun, lanjut dia, adanya kereta layang ringan di daerah ini karena Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Sehubungan dengan itu pihaknya minta agar pesta olahraga internasional itu harus didukung bersama sehingga perlangsung sukses.

Sementara Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnaen Adinegara mengatakan pada  Asian Games 2018 baik di Jakarta maupun di Palembang
agar semua pihak menjaga keamanan supaya pesta olahraga akbar itu berlangsung sukses.