Rute penyeberangan Bangka Selatan bakal dibuka di Kabupaten OKI

id rute penyeberangan,penyeberangan kapal,pelabuhan,penyeberangan bangka selatan,jembatan,jembatan penghubung di oki,kabupaten oki

Rute penyeberangan Bangka Selatan bakal dibuka di Kabupaten OKI

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/16.)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Rute baru perjalanan dari Bangka Selatan ke Sumatera Selatan bakal dibuka di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yakni melalui Tulung Selatan.

Asisten I Setda Kabupaten OKI Antonius Leonardo di Palembang, Kamis, mengatakan, kerja sama ini sudah dijajaki yang nantinya akan dijadikan dasar pengusulan pembangunan jembatan penghubung antara Bangka dan Sumsel ke pemerintah pusat.

"Wacana pembangunan jembatan ini sepanjang 13,5 kilometer yang akan menghubungkan Pulau Bangka dan Sumsel, tepatnya di Desa Permis, Kabupaten Bangka Selatan, dengan Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir," kata dia.

Ia mengatakan sejauh ini Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Sumsel telah melakukan penandatanganan MoU untuk pembangunan infrastruktur antarprovinsi tersebut.

"Antara gubernur dari masing-masing daerah sudah sepakat, sekarang tinggal diperkuat kerja sama antarkabupatenya," kata dia.

Ia mengatakan terkait infrastruktur jembatan ini, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melaksanakan kegiatan pre-feasibility serta penyusunan DED.

Dari hasil Feasibility itu disebutkan jika jembatan itu terealisasi maka waktu tempuh Kabupaten OKI ke Bangka Selatan diperkirakan hanya berkisar 30 menit.

"Banyak keuntungan yang diperoleh dua daerah secara langsung jika jembatan tersebut terealisasi. Salah satunya meningkatkan sektor perekonomian dan pariwisata. Selain itu, akses masuknya kebutuhan sembako dari Sumatera menjadi lebih mudah," kata dia.

Selama ini, kata Asri, sembako dan kebutuhan ekonomi lain sering terkendala gelombang tinggi. Akibatnya, harga sembako di Bangka menjadi tinggi.