Sekda minta seluruh Camat belajar pemanfaatan sampah Kalidoni

id Sekda palembang,Info sumsel,Berita sumsel

Sekda minta seluruh Camat belajar pemanfaatan  sampah Kalidoni

Sekretaris Daerah Kota Palembang Harobin Mustofa (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Seandainya seluruh kecamatan melakukan seperti Kalidoni, keuntungan yang di dapat masyarakat lumayan juga, hingga mereka berfikir, dari pada di buang begitu saja mending di bawa ke pabrik, di olah, hasilnya bisa diambil lagi, jadi beban Tempah Pembua
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Sekretaris Daerah Kota Palembang Harobin Mustofa meminta 17 kecamatan di Kota Tersebut meniru Kecamatan Kalidoni dalam program pemanfaatan sampah. 

"Kecamatan Kalidoni sebagai pilot project pabrik sampah sudah berhasil mengatasi persoalan sampah meskipun belum maksimal," kata Harobin Mustofa saat membuka kegiatan Fasilitasi dan koofinasi pembinaan kelompok masyarakat kebersihan sungai serta saluran, di Palembang, Senin. 

Menurutnya Kecamatan Kalidoni berhasil mengelola sampah menjadi barang bermanfaat seperti kerajinan, solar,  bensin dan minyak tanah yang bisa dimanfaatkan masyarakat sehari-hari serta operasional pabrik. 

Palembang sebagai Kota metropolis memang tidak bisa lepas dari permasalahan sampah sehingga program pemanfaatan sampah mesti terus digalakkan apalagi dari masyarakat sendiri belum cukup usaha memerangi sampah, jelasnya. 

"Seandainya seluruh kecamatan melakukan seperti Kalidoni, keuntungan yang di dapat masyarakat lumayan juga, hingga mereka berfikir, dari pada di buang begitu saja mending di bawa ke pabrik, di olah, hasilnya bisa diambil lagi, jadi beban Tempah Pembuangan Akhir (TPA) sampah turut berkurang," tutul Harobin.