Komisi II DPRD Sumsel tinjau daerah penghasil beras

id komisi ii dprd sumsel, beras, penghasil beras, sentra produksi beras,petani, sawah, produksi beras, budiarto marsul

Komisi II DPRD Sumsel tinjau daerah penghasil beras

Petani melakukan panen padi. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/18)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Selatan meninjau sentra produksi beras di daerah ini guna melihat cadangan bahan kebutuhan pokok tersebut.

"Kami ingin melihat cadangan beras di Bulog dan daerah penghasil yaitu Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur," kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumsel Budiarto Marsul, saat dihubungi di Palembang, Rabu.

Menurut dia, pihaknya ingin melihat dan mengetahui pada tingkat petani mengenai produksi beras yang mereka hasilkan. Kemudian juga ingin mengetahui tanggapan petani mengenai bantuan alat dan mesin pertanian dalam meningkatkan hasil produksi pertanian.

Selain itu, pihaknya juga ingin mengetahui tanggapan petani mengenai rencana pemerintah yang akan mengimpor beras dan persoalan yang dihadapi petani di lapangan.

"Jadi, kami ingin melihat di lapangan dan nanti kami bicarakan dengan pemerintah," ujar wakil rakyat tersebut.

Apalagi sekarang ini bulan Februari-Maret merupakan puncak panen padi di sejumlah daerah penghasil beras di Sumsel.

Petaani Sumsel banyak mendapatkan dukungan fasilitas alat dan mesin pertanian (alsintan) dan irigasi yang dibangun pemerintah guna meningkatkan produktivitas.

Sejumlah daerah penghasil beras di Sumsel antara lain Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Musi Banyuasin.